PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBANMASYARAKAT SEBAGAI WARGA NEGARA KELAS VB MIN 2 BANTUL SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2019/2020 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v2i2.1132Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran problem based larning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas Vb MIN 2 Bantul pada materi hak dan kewajiban sebagai warga Negara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah Siswa Kelas Vb MIN 2 Kabupaten Bantul. Pengambilan data dilakukan dengan melaksanakan pembelajaran dalam dua siklus. Analisis data dilakukan dengan menganalisis hasil evaluasi pembelajaran pada siklus l dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar materi hak dan kewajiban sebagai warga negara pada Siswa Kelas Vb MIN 2 Bantul. Sebelum dilaksanakna penelitian, diadakan evaluasi pada materi hak dan kewajiban warga negara, sebagai studi pendahuluan. Dari hasil evaluasi pendahuluan diperoleh nilai rata-rata kelas 72,22 atau 27 % siswa telah memenuhi KKM yang ditetapkan. KKM yang ditetapkan adalah 75,00.Hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran pada siklus l, nilai rata-rata siswa mencapai 72,1. Dari 30 siswa, 16 siswa telah memenuhi KKM dan prosentasenya 53,34 %. Adapun yang belum memenuhi KKM ada 14 anak dan prosentasenya 46,66 %. Hasil evaluasi pada pelaksanaan pembelajaran siklus II, nilai rata-rata siswa mencapai 83,33. Dari 30 siswa 27 siswa telah memenuhi KKM dan prosentasenya 90 %, adapun siswa yang belum memenuhi KKM sebanyak 3 dan prosentasenya 10 %. Target keberhasilan pembelajaran kelas adalah nilai ratarata 75,00 dan sudah memenuhi KKM 80 %. Berarti bisa dikatakankeberhasilan penelitian telah tercapai.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2020-12-31
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.