ANALISISNILAI KARAKTER KEJUJURAN MELALUI KANTIN KEJUJURAN BAGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2019-2020
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v2i2.1138Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisisi nilai karakter kejujuran melalui kantin kejujuran bagi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Boyolali tahun Pelajaran 2019-2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif Subjek penelitiannya adalah guru, pengelola kantin kejujuran dan siswa kelas VII di SMP negeri 1 Boyolali pada tahun pelajaran 2019-2020, dan objek penelitiannya adalah nilai karakter kejujuran dan kantin kejujuran. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Analisis data dilakukan dengan tehnik analisis interaktif terdiri dari 3 tahap yaitu: reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian: berdasarkan hasil pengamatan lapangan yang dilakukan peneliti sejak tanggal 5-10 Agustus 2019 ditemukan bahwa nilai karakter kejujuransiswa cukup rendah Hal ini dibuktikan dengan ketidakjujuransiswa dalam menggunakan kantin kejujuran. Informasi yang diperoleh dari pengelola kantin kejujuran modal kantin kejujuran setiap bulannya mengalami kemerosatan yang cukup tajam. Selanjutnya setelah dilakukan croscek dengan CCTV memang terlihat siswa dalam melakukan pembelian di kantin kejujuran cukup banyak yang tidak jujur, misalnya siswa menaruh uang 5.000 akan tetapi mengambil makanannnya di atas 10.000, ada juga siswa yang ,mengambil kembalian uangnya mengambilnya berlebih misalnya harusnya kembaliannya 3.000 akan tetapi mengambilnya 5.000.Dengan adanya fakta yang demikian sangat menarik untuk diteliti untuk membuktikan kebenarannya. Simpulannya bahwa nilai karakter kejujuran siswa kelas VII Di SMP Negeri 1 Boyolali Tahun pelajaran 2019-2020 cukup rendah dalam menggunakan kantin kejujuranDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2020-12-31
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.