PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPPKnMELALUI PENERAPAN METODEPQRST ((Preview, Question, Read, Self Recetation, Tes) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARTASURA 5 KECAMATAN KARTASURA KABUPATENSUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2018-2019
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v2i2.1140Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar PPPKnsiswa kelas V SD Kartasura V KecamatanKartasura Kabupaten Sukoharjo setelah digunakan metode PQRST ((Preview, Question, Read, Self Recetation, Tes) pada pembelajaran PPPKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah guru Kelas V, peneliti sebagai kolaborator serta siswa kelas V SD Negeri Kartasura V tahun Pelajaran 20182019. Objek penelitiannya adalah hasil belajar PPPKn dan metode PQRST ((Preview, Question, Read, Self Recetation, Tes) . Mtode pengumpulan data menggunakan : observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dngan uji validitassoal tes dan uji reliabilitas soal tes. Analisis data dilakukan dengan siklus-siklus dan hasilnya di analisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum diterapkan metode PQRST ((Preview, Question, Read, Self Recetation, Tes) hasil belajar PPPKn siswa dari 20 siswa yang memenuhi KKM hanya 11 siswa sedangkan 9 siswa berada dibawah KKM dengan KKM 75. Setelah diterapkanmetodePQRST ((Preview, Question, Read, Self Recetation, Tes) hasil belajar PPPKnmeningkat secara signiqikan yaitu dari 20 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM ada 18 siswa dan 2 siswa mendapatkan nilai dibawah KKM dengan KKM 75. Simpulannya adalah penerapan metode PQRST ((Preview, Question, Read, Self Recetation, Tes) dapat meningkatkan hasil belajar PPPKnbagi siswa kelas V SD Negeri Kartasura 5 Kecamatan Kartasura Kabupaten sukoharjo tahun pelajaran 2018-2019. Kata-kata Kunci: hasil belajar PPPKndan MetodePQRSTDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2020-12-31
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.