PELAKSANAAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSIBAGI REMAJA MELALUIKARANG TARUNADI DESA WIROGUNANSUB-DISTRICT KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v2i2.1143Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan anti korupsi bagi remaja melaluiKarang Tarunadi Desa Wirogunan, Sub-District Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Subjek penelitian iniadalah orang tua dan remaja di Desa Wirogunan, Sub-District Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, dan objeknya adalah pendidikan anti korupsi danKarang Taruna. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dengan aplikasi google form, WA dan Dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan mtode. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis mengalir yang terdiri dari 3 langkah yaitu: reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian berdasarkan data hasil penelitian yang diperoleh melalui wawancara dengan aplikasi googleform padapengurus Karang Tarunadi Desa Wirogunan Sub-District Kartasura Kabupaten Sukoharjo serta data yang diperoleh melalui wawancara dengan remaja melalui aplikasi google form pada remaja di DesaWirogunan Sub-District Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Dapat di deskripsikan sebagai berikut:berdasarkan hasil wawancara dengan orang tua diperoleh informasi pelaksanaaan pendidikan anti korupsi bagi anak remajanya di rumah dilaksanakan dengan cara: mendisiplinkan padaanaknya dalam segala hal, memberikan pembiasaan sikap, perilaku yang mencerminkan anti korupsi, memberiklan keteladanan sikap, perilaku dan tindakan anti korupsi memberikan penghargaan pada anaknya yang sikap, perilaku dan tindakan mencerminkan anti korupsi serta memberikan hukuman pada anaknya yang sikap, perilaku dan tindakannya mencerminkan berkorupsi. SimpulannyaPelaksanaan pendidikan anti korupsi pada remaja di Desa Wirogunan Sub-District Kartasura Kabupaten Sukoharjo dilakukan melalui pembiasaan,keteladanan , pemberian penghargaan dan hukuman bagi remaja oleh orang tua.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2020-12-31
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.