Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Metode Debat
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v5i1.3619Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan debat mampu meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas XI TKJ 2 SMK Gondang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, serta (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKJ 2 SMK Gondang yang berjumlah 31 siswa. Sumber data penelitian, diperoleh berdasarkan hasil tes dan observasi. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan trianggulasi data dan metode. Analisis data menggunakan teknik analisis komparatif dari hasil observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata sebesar 70,71 yang kemudian meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 86,84. Presentase siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 58,06% dan yang tidak tuntas sebanyak 41,94%, sedangkan pada siklus II presentase siswa yang tuntas sebanyak 93,55% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 6,45%. Pada aspek keaktifan siswa pra siklus didapatkan persentase ketuntasan 62,5%, pada siklus I persentase mengalami peningkatan menjadi 77,5% dan pada siklus II persentase ketuntasan menjadi 100%. Proses pembelajaran pada prasiklus bersifat teacher-centered dan menggunakan model pembelajaran ceramah sehingga kegiatan belajar menunjukkan keaktifan dan hasil belajar siswa rendah. Pelaksanaan siklus I terjadi peningkatan walaupun belum maksimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat lebih tinggi sehingga pembelajaran di kelas berkualitas. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan debat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran PPKn siswa kelas XI TKJ 2 SMK Gondang.
Downloads
References
Anugrah, I.I. (2020). Penerapan Metode debat dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI SMA 8 Negeri Bulukumba. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar. Diperoleh 11 Juni 2022, dari https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/9634-Full_Text.pdf
Aqib, Zainal & Ahmad Amrullah. (2018). PTK Penelitian Tindakan Kelas-Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: ANDI.
Guantoro, A, (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Minat Belajar PKN Siswa Kelas V SD Negeri 008 Bukit Kayu Kapur. Univeritas Riau : FKIP PGSD.
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: P. T. Bumi Aksara.
S. Nasution (2011). Aktivitas Belajar. (online) http://www.bukuhalus.com/2011/14/aktivitas-belajar/diakses 1 Febuari 2013
I Nyoman G.A.S.A.W , I Nengah S., I Wayan L. (2020). Model Pembelajaran Debat Dlam Meningkatkan Kompetensi Berpikir Kritis pada Pelajaran PPKn Siswa Kelas VIIA Di SMP Negeri 6 Singaraja. Buleleng : Universitas Pendidikan Ganesha.
Ikhwana I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar PKN Pada Materi Pokok Membangun Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Kesatuan Kelas X SMA SWASTA AEK NABARA Tahun Pembelajaran 2015/2016. Sumatera Utara : STKIP Labuhanbatu.
Ikhwana, I. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar PKN pada materi pokok membangun kesadaran berbangsa kesatuan kelas X SMA Swasta AEK NABARA tahun pembelajaran 2015/2016. Sumatera Utara : STKIP Labuhanbatu.
Krisnawan, I.G.H., (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Diperoleh 26 Juli 2022, dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/1125
Laung, Anthonius P, Jamaludin. (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran PKn Untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn pada Siswa Kelas VI SD Inpres 02 Pongian. Universitas Tadulako: Program Guru Dalam Jabatan FKIP
Murdiono. (2010). Peningkatan Keterampilan Kewarganegaraan Civic Skills Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Volume3 No.1.
Nurdin, M. (2016). Penerapan metode debat aktif untuk meningkatkan kemampuan berdiskusi mahasiswa dalam pembelajaran Konsep Dasar PKn di PGSD UPP Bone FIP UNM. Jurnal Publikasi Pendidikan,VI(1), 1–7.
Rahayu Fitri, Ninit Alfianika. 2017. Effect of Student Teams Achievement Division and Vocabulary Mystery to Reading Comprehension Ability. Sumatera Barat : STKIP PGRI.
Rohani, Anwar M R. (2019). Peningkatan Keterampilan intelektual melalui penerapan Model Project Citizen Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Pontianak : IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Volume 10 Nomor 2, Nopember 2019 :93 -104.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).
Winarno. (2019). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan, isi, strategi, dan penilaian. Jakarta : Bumi Aksara.
Yulianti. (2018). Penerapan Metode Debat Pro Dan Kontra Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran PPKn. Yogyakarta : SMA N 3 Bantul.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.