Peranan Guru PKn untuk Meningkatkan Partisipasi Politik Siswa sebagai Pemilih Pemula di SMK Veteran 1 Sukoharjo

Authors

  • Maria Helena Sri Rahayu Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Petrus Andi C Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Elisabet Anita Gayatri Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Tegar Erawan Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v5i2.4724

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru PKn untuk meningkatkan partisipasi politik siswa sebagai pemilih pemula dan kendala-kendala yang dihadapi dalam meningkatkan partisipasi politik siswa sebagai pemilih pemula di SMK Veteran 1 Sukoharjo. Subjek Penelitian adalah guru-guru mata pelajaran PKn berjumlah 3. Objek penelitian adalah peranan guru untuk meningkatkan partisipasi politik siswa sebagai pemilih pemula. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) penyajian dokumentasi. Validasi data menggunakan trianggulasi sumber. Analisis data dilakukan secara kualitatif melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan guru PKn untuk meningkatkan partisipasi politik siswa sebagai pemilih pemula di SMK Veteran 1 Sukoharjo yakni memberikan pemahaman kepada siswa terkait materi pendidikan politik dan menumbuhkan kesadaran partisipasi politik siswa dalam pemilu. Sedangkan kendala-kendala yang dihadapi dalam meningkatkan partisipasi politik siswa sebagai pemilih pemula di SMK Veteran 1 Sukoharjo antara lain: kurangnya antusias siswa dalam pemilu, belum adanya pengintegrasian materi-materi kepemiluan dalam perangkat pembelajaran PKn, dan belum adanya sosialisasi secara langsung oleh pihak-pihak penyelenggara pemilu dalam mensosialisasikan terkait pemilu.

 

Kata kunci: Peranan Guru, Partisipasi Politik, Pemilih Pemula

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Artikel