PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PPKNPOKOK BAHASAN PROSES PILKADES MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 03 PUCANGAN KECAMATAN KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Authors

  • MH Sri Rahayu

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v2i1.768

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar
mata pelajaran PPKn dengan materi Pilkades dengan menerapkan metode simulasi
bagi siswa kelas VI SD Pucangan 03 Kecamatan kartasura kabupaten Sukoharjo
Tahun Pelajaran 2019-2020. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan
subjek penelitiannya guru dan siswa kelas VI SD negeri pucangan 03, dan objeknya
adalah Pilkades dan metode simulasi. Metode pengumpulan data menggunakan :
observasi, tes, dan dokumentasi, Validitas data menggunakan trianggulasi sumber
dan metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan
kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan data awal diketahui banyak siswa yang
mendapatkan skor di bawah KKM ketika diberikan pembelajaran PPKn materi
Pilkades dengan menggunakan metode ceramah, selanjutnya dilakukan tindakan 1
hasilnya ada peningkatan yang signifikan tetapi kurang maksimal, selanjutnya
dilakukan tindakan ke dua hasilnya sangat optimal. Kesimpulannya bahwa
penggunaan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran
PPKn dengan materi Pilkades bagi siswa kelas VI SD Pucangan 03 Kecamatan
kartasura kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2019-2020

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Artikel