EDUKASI KONSEP BERMAIN PADA ANAK GUNA MENINGKATKAN TUMBUH KEMBANG ANAK DI TK KRISTEN STABELAN BANJARSARI SURAKARTA
Abstrak
Program pengabdian masyarakat bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru dan wali atau
orangtua terkait pemantauan tumbuh kembang dan konsep bermain untuk meningkatkan dan
mendukung proses tumbuh kembang pada anak. Dengan memberikan edukasi konsep bermain dalam
mendukung tumbuh kembang pada anak diharapkan tumbuh kembang anak menjadi baik dan sesuai
dengan tingkat usia pada anak. Hal ini juga sebagai bentuk pencegahan adanya gangguan tumbu
kembang pada anak. Tim pengabdian masyarakat melakukan survey dan dilanjutkan dengan
pengajuan surat izin kepada pihak Taman Kanak-Kanak dan memberikan undangan kepada Guru dan
wali anak. Kegiatan dilanjutkan dengan memberikan edukasi yang diakhiri dengan evaluasi kegiatan
pengabdian masyarakat. Pendampingan dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat dalam terapi
bermain yang diberikan kepada anak yang terbagi menjadi 4 kelompok. Anak-anak sangat antusias
dalam mengikuti kegiatan tersebut dengan berbagai jenis permainan berupa puzzle, kertas mewarnai
dengan pasir warna dan tim menilai acara pengabdian masyarakat berjala dengan baik.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 TOTOK WAHYUDI, Marni, Ikrima Rahmasari, Putri Nirmala Kusumaningrum
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Educate: Journal of Community Service in Education agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.