Pembelajaran Berbasis Riset sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa terhadap Materi Perubahan Fisika Kimia
DOI:
https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i1.313Abstract
Pada revolusi industri 4.0, inovasi merupakan target utama. Prinsip pembelajaran berubah menjadi learning by doing atau experiential learning. Dalam melakukan inovasi pendidikan, kita bisa mempertimbangkan pembelajaran berbasis riset. Inovasi yang dilakukan diharapkan dapat menjadi pembelajaran yang bermanfaat. Pembelajaran berbasis riset akan melatih daya nalar, daya mencipta, dan berpikir kritis siswa sehingga melahirkan generasi yang berbudaya ilmiah dan pemberi solusi atas masalah yang ada pada lingkungan sekitar. Materi perubahan fisika kimia umumnya hanya diberikan oleh guru melalui metode pencarian literatur maupun pemberian contoh-contoh perubahan yang terjadi dalam bentuk gambar atau benda yang konkret. Dengan metode pembelajaran berbasis riset, siswa akan lebih tertarik dan aktif dalam belajar, terlebih jika riset tersebut dapat menanggulangi permasalahan yang ada di sekitar mereka. Pembuatan cokelat dilakukan sebagai contoh dari perubahan fisika yang dapat kembali ke bentuk semula. Pembuatan bioplastik sebagai contoh dari perubahan kimia yang menghasilkan zat yang jenisnya baru dan tidak dapat kembali ke bentuk semula. Dari pembelajaran riset yang telah dilakukan oleh siswa, dilakukan evaluasi efektivitas pembelajaran melalui pengisian lembar evaluasi. Hasil evaluasi yang dilakukan pada 26 siswa menunjukkan 25 siswa memahami materi perubahan fisika kimia dengan baik dan 1 siswa belum memahami materi.
Downloads
References
Aprilia, S. (2015). Penerapan Pembelajaran Experiental Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Premiere Educandum, Volume 5, Nomor 1, Juni 2015, 20-33.
Istigfaroh, Z. (2014). Pelaksanaan Model Pembelajaran Experiental Learning di Pendidikan Dasar Sekolah Alam Anak Prima Yogyakarta. Artikel Jurnal.
Nurhasanah, S., Malik. A., Mulhayatiah, D. (2017). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. Vol. 2 No. 2: 58-62.
Triyono, M.B. (2017, Oktober). Tantangan Revolusi Industri ke 4 (i4.0) Bagi Pendidikan Vokasi. In Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi. ISSN Cetak: 2541-2361.
Yahya, M. (2018). Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. Pidato Sidang Senat Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Negeri Makasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instructional Media and Model agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.