Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Luas dan Keliling Bangun Datar
DOI:
https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i1.317Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan siswa terhadap luas dan keliling bangun datar melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas V MI Asy-Syafi’iyah Fakfak. Desain penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan per siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 18 orang yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan dan evaluasi. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 65 dengan ketuntasan klasikal sebesar 55,5% dan nilai rata-rata siklus II meningkat menjadi 84,4 dengan ketuntasan klasikal sebesar 94,44%. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa pendekatan CTL efektif mengantarkan siswa kearah pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan karena pembelajaran dilakukan di luar kelas, siswa menemukan sendiri pengetahuan baru sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang luas dan keliling bangun datar.
Downloads
References
Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pusaka.
Coughlan, S. (2015, Mei 13). Asia peringkat tertinggi sekolah global, Indonesia nomor 69. Retrived
Direktorat Pendidikan Lanjutan Petama Depdiknas. (2003). Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Depdiknas.
Hendriana, Heris & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Hudojo, H. (1998). Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Depdikbud.
Johnson, E. B. (2002).Contextual Teaching and Learning: What it is and Whay it’s Here to Stay. California: Corwin Press.
Leksair, M, A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran CTL. Jurnal Pendidikan Guru SD, 06 (09), 880-886.
Majid, A. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
McTaggart, R. (1991). Action Research A Short Modern History. Victoria. Australia: Deakin University.
Ompusunggu, V.D.K. (2014). Peningkatan Kemampuan Matematik dan Sikap Positif Terhadap Matematika Siswa Smp Nasrani 2 Medan Melalui Pendekatan Problem Posing. Saintech, 06 (04), 93-105.
Purwanto, N. (2002). Ilmu Pendidikan dan Teknis. Bandung: Rosda Karya.
Republik Indonesia. (2003). Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta.
Slameto. (2015). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suherman. (1993). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Susanto, A, (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suyono, & Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Tim Pengembangan MKDP. (2002). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Wahjoedi. (1999). Jurnal IPTEK Olah Raga. Jurnal. Jakarta: Pusat Pengkajian dan Pengembangan IPTEK.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instructional Media and Model agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.