Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Luas dan Keliling Bangun Datar

Authors

  • Siti Muflihah STKIP NUUWAR Fakfak, Papua Barat.
  • Anerbelson Lepith STKIP Nuuwar Fakfak, Papua Barat

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i1.317

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan siswa terhadap luas dan keliling bangun datar melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas V MI Asy-Syafi’iyah Fakfak. Desain penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan per siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 18 orang yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan dan evaluasi. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 65 dengan ketuntasan klasikal sebesar 55,5% dan nilai rata-rata siklus II meningkat menjadi 84,4 dengan ketuntasan klasikal sebesar 94,44%. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa pendekatan CTL efektif mengantarkan siswa kearah pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan karena pembelajaran dilakukan di luar kelas, siswa menemukan sendiri pengetahuan baru sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang luas dan keliling bangun datar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pusaka.

Coughlan, S. (2015, Mei 13). Asia peringkat tertinggi sekolah global, Indonesia nomor 69. Retrived

Direktorat Pendidikan Lanjutan Petama Depdiknas. (2003). Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Depdiknas.

Hendriana, Heris & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Hudojo, H. (1998). Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Depdikbud.

Johnson, E. B. (2002).Contextual Teaching and Learning: What it is and Whay it’s Here to Stay. California: Corwin Press.

Leksair, M, A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran CTL. Jurnal Pendidikan Guru SD, 06 (09), 880-886.

Majid, A. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

McTaggart, R. (1991). Action Research A Short Modern History. Victoria. Australia: Deakin University.

Ompusunggu, V.D.K. (2014). Peningkatan Kemampuan Matematik dan Sikap Positif Terhadap Matematika Siswa Smp Nasrani 2 Medan Melalui Pendekatan Problem Posing. Saintech, 06 (04), 93-105.

Purwanto, N. (2002). Ilmu Pendidikan dan Teknis. Bandung: Rosda Karya.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta.

Slameto. (2015). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suherman. (1993). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Susanto, A, (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suyono, & Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Tim Pengembangan MKDP. (2002). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Wahjoedi. (1999). Jurnal IPTEK Olah Raga. Jurnal. Jakarta: Pusat Pengkajian dan Pengembangan IPTEK.

Published

2019-08-14

How to Cite

Muflihah, S., & Lepith, A. (2019). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Luas dan Keliling Bangun Datar. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 1(1), 45–55. https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i1.317