Penggunaan Komik Berbasis Web pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa SMA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijimm.v2i1.634

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang teknologi informasi sangat berpengaruh terhadap keefektivan pembelajaran. Kemajuan tersebut memungkinkan munculnya alternatif baru yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk menggunakan media pembelajaran variatif di kelas. Perkembangan komik, khususnya komik digital beberapa tahun ini berkembang dengan pesat. Berdasarkan sifatnya, media komik pembelajaran mempunyai sifat sederhana, mudah dipahami oleh siswa. Tujuan dari penelitian telaah ini adalah mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis komik digital pada pembelajaran sejarah siwsa SMA. Hasil penelitian pembelajaran menggunakan media komik berbasis Web, yaitu dapat meningkatkan minat serta mempermudah peserta didik untuk memahami materi sejarah yang dianggap membosankan.

References

Analysis, A., & Schools, E. (n.d.). 학습만화에 대한 초등학생과 학부모의 인식 분석 연구. 227–246.

Kerneža, M., & Košir, K. (2016). Comics as a literary-didactic method and their use for reducing gender differences in reading literacy at the primary level of education. Center for Educational Policy Studies Journal, 6(2), 125–149.

Rota, G., & Izquierdo, J. (2003). “Comics” as a tool for teaching biotechnology in primary schools. Electronic Journal of Biotechnology, 6(2), 8–12. https://doi.org/10.2225/vol6-issue2-fulltext-10

Ozdemir, E. (2017). Comics in Modern Physics: Learning Blackbody Radiation through Quasi-History of Physics. Studies in Educational Research and Development Volume, 1(1), 41–59. http://ezproxy.lib.uconn.edu/login?url=https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=ED579152&site=ehost-live

Fenske, F., Klee, A., & Lutter, A. (2000). Concept-Cartoons as a Tool to Evoke and Analyze Pupils Judgments in Social Science Education. 10(3), 46–52.

Machemy, J., & Bousquet, B. (2015). Conception of comics dedicated to optics learning. Education and Training in Optics and Photonics: ETOP 2015, 9793, 97931F. https://doi.org/10.1117/12.2223111

McLaughlin, R., & Bell, R. (2002). Teaching and learning. Emergency Medicine Journal, 19(4), 375–376. https://doi.org/10.7591/9781501706318-009

Nguyen, N. Van, Rigaud, C., & Burie, J. C. (2018). Digital comics image indexing based on deep learning. Journal of Imaging, 4(7). https://doi.org/10.3390/jimaging4070089

Wahyuningtyas, C. A. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Komik Materi Pembelajaran Peristiwa Sekitar Proklamasi Pada Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Ngemplak, Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. 209–217.

Oc, E. (2015). Engendering Learning Participation of Pupils By Use of Comics and Cartoons in Teaching. November.

Farah, N. A., Syamsul, B. Z., & Norshuhada, S. (2014). Exploring Digital Comics as an Edutainment Tool : An Overview. Knowledge Management International Conference 2014, August, 589–594.

Chung, B. S., Kim, J., & Chung, M. S. (2017). Integrated Comics and Visible Korean Movies for Laypeople’s Learning of Systemic Anatomy. International Journal of Morphology, 35(3), 883–887. https://doi.org/10.4067/s0717-95022017000300014

Nugroho, S., & Shodikin, A. (2018). Keefektifan Pembelajaran Student Teams Achievement Division ( Stad ) Berbantuan Komik ( Learning Effectiveness of Student Teams Achievement. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 22–32.

Aisyah, R., Zakiyah, I. A., Farida, I., & Ramdhani, M. A. (2017). Learning Crude Oil by Using Scientific Literacy Comics. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012011

Ratnawuri, T. (2016). Pemanfaatan Komik Strip Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Um Metro. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 4(2), 8–12. https://doi.org/10.24127/ja.v4i2.632

Printina, B. I. (2019). Pemanfaatan Media Komik Digital Melalui Unsur PPR (Paradigma Pedagogi Reflektif) Pada Matakuliah Sejarah Asia Barat Modern. Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.21009/jps.081.01

Marwatoen, F. (2015). Pengaruh Media Presentasi dan Komik dalam Pembelajaran Biologi terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Siswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 3(2), 71. https://doi.org/10.33394/j-ps.v3i2.976

Prasetyono, A. E., Amsia, T., & Sri Ekwandari, Y. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sejarah. PESAGI : Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah, 3(6).

Untuk, S., Yang, P., & Strategi, M. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf Untuk Pembelajaran Yang Menggunakan Strategi Pq4R. Journal of Innovative Science Education, 1(1).

Pendidikan, J., & Volume, S. (2018). Research & Development ). 5, 190–201.

Fatimatus, I., Utariyanti, Z., Wahyuni, S., & Zaenab, S. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK DALAM MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA SISWA KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH 1 MALANG. 1(3), 2442–3750.

Irwandani, I., & Juariyah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 33. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.103

Mudlaafar, K., Setiawan, E., & Muflih, I. K. Al. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK SEJARAH BERWAKTU ( KOMIK RATU ) SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR ( Kajian Materi : Tema 7 , Sub Tema 2 , Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan ) Abstrak. Jurnal Inventa, III(1), 62–70.

Payakumbuh, D. I. (2016). PERANCANGAN KOMIK SEJARAH JEMBATAN RATAPAN IBU DI PAYAKUMBUH Febri Ferdian.

Matsui, Y., Ito, K., Aramaki, Y., Fujimoto, A., Ogawa, T., Yamasaki, T., & Aizawa, K. (2017). Sketch-based manga retrieval using manga109 dataset. Multimedia Tools and Applications, 76(20), 21811–21838. https://doi.org/10.1007/s11042-016-4020-z

Damopolii, I., & Rahman, S. R. (2019). The effect of STAD learning model and science comics on cognitive students achievement. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022008

Topkaya, Y. (2016). The impact of instructional comics on the cognitive and affective learning about environmental problems. Egitim ve Bilim, 41(187), 199–219. https://doi.org/10.15390/EB.2016.5713

Tuncel, G., & Ayva, Ö. (2010). The utilization of comics in the teaching of the “human rights” concept. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 1447–1451. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.216

Furuhata-turner, H. (2016). Use of Comics Manga as a Learning Tool to Teach Translation of Japanese. The Journal of Language Learning and Teaching, 3(2), 72–83.

YUNUS, M. M. D., SALEHI, H., TARMIZI, A., & SYED, S. F. (2011). Using Digital Comics in Teaching ESL Writing. Proceedings of the 2nd International Conference on Arts and Culture (ICAC 11), 53–58.

Published

2020-05-31

How to Cite

Harismawan, W. (2020). Penggunaan Komik Berbasis Web pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa SMA. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 2(1), 40–50. https://doi.org/10.32585/ijimm.v2i1.634

Issue

Section

Artikel