Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Bervariasi pada Mata Pelajaran PKn

Authors

  • Joko Turyanto

DOI:

https://doi.org/10.32585/ijimm.v2i1.743

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking bervariasi untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran PKn topik usaha pembelaan negara bagi siswa kelas IXB SMP Negeri 1 Wonosegoro semester 1 tahun pelajaran 2017/2018.Di dalam penelitian  ini  menggunakan  metode kualitatif  yang bersifat deskriptif,  yaitu mendiskripsikan data dan  menginterprestasikan data. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu  penelitian yang dilakukan oleh peneliti secara langsung.Setting yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas IXB SMP Negeri 1 Wonosegoro semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 yang merupakan satu di antara tujuh kelas IX secara paralel yang memiliki kemampuan Aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes dan non tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan dan butir-butir soal. Untuk mengetahui keefektifan proses pembelajaran yang menerapkan strategi pembelajaran Guided Note Taking bervariasi ini, peneliti dan kolaboratur melakukan pengamatan selama proses pembelajaran. Sedangkan validitas data menggunakan content validity dan triangulasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif dan kualitatif. Indikator kinerja yang diharapkan dalam penelitian ini adalah: 1) meningkatnya Aktivitas siswa dari kondisi awal rata-rata 27,33% menjadi 42,67% pada siklus I, dan 72,67% pada siklus II. 2) meningkatnya hasil belajar dari kondisi awal rata-rata kelas 73,04 menjadi 80,00 pada siklus I dan 85,00 pada siklus II.Setelah dilakukan pengumpulan dan analisis data, dalam penelitian ini diperoleh hasil yang signifikan. Dari hasil penelitian telah menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Guided Note Taking bervariasi dapat meningkatkan meningkatkan: 1) Aktivitas siswa dari kondisi awal yang rata-ratanya hanya 27,33% menjadi 42,67% pada siklus I, dan 72,67% pada siklus II. Terjadi peningkatan yang signifikan dalam ketercapaian aktifitas siswa dari 56,12%  dari siklus I naik menjadi 70,31%  disikklus II.  2) hasil belajar yaitu dari kondisi awal nilai rata-rata kelas 73,04 menjadi 82,14 pada siklus I dan 86,07  pada siklus II. Meningkatnya Aktivitas dan rata-rata nilai hasil belajar di dalam kelas, menunjukkan peningkatan terhadap Aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan topik usaha pembelaan Negara bagi siswa kelas IXB SMP Negeri 1 Wonosegoro semester 1 tahun pelajaran 2017/2018.

References

Balai Pustaka. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Balai Pustaka

Diny Handayani, dan Sadiah Kusumahwati. 2009. Perencanaan Desain Pembelajaran Bahan Ajar untuk Diklat e-Training PPPPTK TK dan PLB. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa.

Elin Rosalin. 2008. Gagasan Merancang Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Karsa Mandiri Persada.

E.Mulyasa. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hendy Herwawan. 2010. Teori Belajar dan Motivasi. Bandung: CV. Citra Praya.

Lukmanul Hakiim.2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung. CV Wacana Prima.

Margaret E. Bell Gredler, 1991: 436. Belajar dan Membelajarkan Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No.11. Jakarta: CV. Rajawali.

Sri Hartati. 2007. Model Pembelajaran Inovatif. Semarang: Dinas Diknas.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta: Fokus Media.

Zaini, at all. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD (Center for Teaching Staff Development) Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Downloads

Published

2020-05-31

How to Cite

Turyanto, J. (2020). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Bervariasi pada Mata Pelajaran PKn. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 2(1), 59–77. https://doi.org/10.32585/ijimm.v2i1.743

Issue

Section

Artikel