Implementasi Penggunaan Fitur Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM Melalui Aplikasi BRI Mobile pada Masyarakat di Kota Kupang

Authors

  • Maria Ivantri Dorwi Universitas Nusa Cendana
  • Reyner F. Makatita Universitas Nusa Cendana
  • Fransina W. Ballo Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.32585/jbfe.v5i2.5712

Keywords:

Implementation, Cardless Cash Withdrawals, BRI Mobile Application

Abstract

This study aims to determine the implementation of the use of the ATM cardless cash withdrawal feature through the BRI Mobile application in Kupang City and to determine the development strategy for the ATM Cardless Cash Withdrawal Feature through the BRI Mobile application in the community in Kupang City. This study uses a qualitative descriptive approach, by conducting structured interviews with informants of leaders, employees and BRI Bank customers who use the ATM cardless cash withdrawal feature through the BRI Mobile application in the community in Kupang City. The data analysis technique in this study uses SWOT analysis. The results of the study using SWOT Analysis (Strength, Weakness, Opportunities, Threat) concluded that the total IFAS score of 3.30 indicates that BRI Bank is strong internally in implementing the ATM Cardless Cash Withdrawal Feature through the BRI Mobile application. While the total EFAS score of 3.10 indicates that BRI is able to read the opportunities that come and anticipate existing threats.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arliyani, E., & Vidyasari, R. (2022). Esi Arliyani, Rahmanita Vidyasari (3rd ed.).

Bancin, I. W. D., & Jannah, N. (2022). Analisis minat nasabah pada penggunaan aplikasi BSI Mobile dalam pembayaran e-commerce: Studi kasus pada mahasiswa UINSU. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(2), 1487–1499.

Bungin, B. (2008). Penelitian kualitatif: Komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya (K. Prendana, Ed.; 2nd ed., Vol. 1).

Erianto, M. T., Maulana, T., & Anggraini, D. (2020). Pengembangan arsitektur transaksi tarik tunai tanpa kartu untuk anggota koperasi pada jaringan ATM perbankan. Jurnal Ilmiah Komputasi, 19(2), 227–242. https://doi.org/10.32409/jikstik.19.2.90

Fajriastuti, N., & Arman, A. (2022). Pengaruh pengetahuan, keamanan, dan kemudahan transaksi terhadap minat nasabah milenial Bank Syariah Indonesia. Journal of Islamic Economics and Finance, 8(1), 65–78.

Farhatun Nisaul Ahadiyah. (2023). Perkembangan teknologi informasi terhadap peningkatan bisnis online. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1), 41–49. https://doi.org/10.61166/interdisiplin.v1i1.5

Hawu, L. W., Ratu, M., & Ballo, F. W. (2022). Implementasi transaksi non tunai QRIS di Desa Detusoko Barat Kabupaten Ende. Research Journal of Accounting and Business Management, 6(2), 203. https://doi.org/10.31293/rjabm.v6i2.6655

Ichsan, R. N., & Nasution, L. (2019). Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi daya guna terhadap minat nasabah menggunakan Mandiri Online pada PT. Bank Mandiri (Persero) KCP Gatot Subroto 2. In Prosiding Seminar Nasional & Expo II Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 2019, 2(2), 1128–1136.

Kamalianda, S. (2022). Pengaruh pertumbuhan ekonomi dan pendidikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Provinsi Aceh dalam perspektif ekonomi Islam tahun 2014-2021. Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 1–139.

Khoiriyah, U., & Putra, P. (2022). Analisis jalur pengaruh pengambilan keputusan bertransaksi melalui BSI Mobile. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2522. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6455

Kotler, P., & Keller, K. (2018). Manajemen pemasaran jilid 1. Databoks.

Lewa Djo, A. J., Tameno, N., & Kiak, N. T. (2024). Analisis persepsi penggunaan QRIS (Quick Response Indonesia Standard) sebagai alat transaksi UMKM di Kota Bajawaj. COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(09), 3449–3463. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i09.1155

Metkono, D. M., Ballo, F. W., Tungga, C. A., Adisucpto Penfui, J., & Tenggara Timur, N. (2024). Preferensi konsumen terhadap layanan m-banking (studi kasus pada Bank NTT). Bisnis Dan Manajemen (EBISMEN), 3(1). https://doi.org/10.58192/ebismen.v3i1.1725

Muktar, B. (2018). Bank dan lembaga keuangan lainnya (P. Online, Ed.; Vol. 45). Preneda Online.

Palupi, T. T. (2023). Analisis transaksi tarik tunai tanpa kartu ATM melalui aplikasi BSI Mobile dikalangan generasi milenial Kota Bandar Lampung dalam perspektif ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Islam, 2(1), 1–14.

Ratu, M., & Muttaqin, Z. (2018). Evaluasi kinerja pembangunan daerah tahun 2018: Evaluasi capaian pembangunan dan relevansi dokumen perencanaan Provinsi Nusa Tenggara Timur. In D. Brianto & I. Widyawati (Eds.), Direktorat Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Daerah Kementerian PPN/Bappenas.

Redentus Natalis Jelahut, Nikson Tameno, & Maria I. H. Tiwu. (2023). Brilink user satisfaction analysis in Kupang City. Formosa Journal of Sustainable Research, 2(11), 2737–2746. https://doi.org/10.55927/fjsr.v2i11.6929

Sihotang, L., & Hudi, I. (2023). Penerapan m-banking dalam meningkatkan jasa layanan perbankan di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pekanbaru Sudirman. Jurnal Akuntansi AKTIVA, 4(2).

Simorangkir, I. (2014). Kebijakan bank sentral: Teori dan praktik. In R. Persada (Ed.), Raja Grafindo Persada.

Sitompul, E., & Santoso, S. (2021). Analisis penggunaan fasilitas tarik tunai saldo GoPay melalui ATM XXX dengan mekanisme tarik tunai tanpa kartu di Jakarta. Distribusi - Journal of Management and Business, 9(2), 221–236. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i2.171

Sukirno, S. (2016). Mikroekonomi: Teori pengantar (R. Pers, Ed.; 3rd ed., Vol. 31).

Wiastono, A., & Ramadhani, E. F. (2021). Pengaruh kualitas layanan ATM dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah pada KCP “Bank BRI Malang.” Journal Koperasi Dan Manajemen, 2(1), 38–48.

Downloads

Published

2024-08-22

How to Cite

Maria Ivantri Dorwi, Reyner F. Makatita, & Fransina W. Ballo. (2024). Implementasi Penggunaan Fitur Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM Melalui Aplikasi BRI Mobile pada Masyarakat di Kota Kupang. Journal of Business, Finance, and Economics (JBFE), 5(2), 115–128. https://doi.org/10.32585/jbfe.v5i2.5712