Pengaruh Penggunaan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA
DOI:
https://doi.org/10.32585/jbl.v3i2.1749Keywords:
Peta Konsep Pembelajaran, Eksperimen, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peta konsep terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN 13 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitiannya adalah eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 64 orang diperoleh melalui teknik purposive sampling dan menghasilkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes hasil belajar ranah kognitif dan lembar observasi penilaian ranah afektif dan psikomotor. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kognitif pada kelas eksperimen memiliki mean 82,18 dengan persentase 65,625% dan kelas kontrol 70,46 dengan persentase 37,5%. Nilai rata-rata aspek afektif pada siswa kelas kontrol 83,43 dengan predikat sangat baik dan psikomotor 84,89 dengan predikat baik sedangkan nilai rata-rata afektif pada kelas kontrol 76,29 dengan predikat baik pada aspek psikomotor 73,03 dengan predikat cukup. Disimpulkan bahwa penggunaan peta konsep berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Saran diharapkan kepada guru mata pelajaran biologi agar dapat lebih menerapkan peta konsep dalam pembelajaran untuk meningkatkan daya pikir, kreativitas dan ide siswa.
Downloads
References
Abidin, Z. (2004). Pemahaman Konseptual dan Prosedural dalam Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(17).
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (ninth edit). New York: McGraw-Hill.
Barenholz, H., & Tamir, P. (1992). A Comprehensive use of Concept Mapping in Design Instruction and Assessment. Research in Science & Technological Education, 10(1), 37–52. https://doi.org/10.1080/0263514920100104
Daniela, C. C., Popescu, F. F., Ioan, P. A., & Andrei, V. (2015). Conceptual Maps and Integrated Experiments for Teaching/Learning Physics of Photonic Devices. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 512–518. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.284
Fahzurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Hasan, A., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Reading Map Student Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X IPA SMA Insan Cendekia Shalahudin Malang. In Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya. Seminar NasionalXI, Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Lufri. (2007). Strategi Pembelajaran Biologi Teori, Praktik, dan Penelitian. Padang: UNP Press.
Novak, J. D. (2000). The Theory Underlying Concept Maps and How To Construct Them. Cornell University. Technical Report IHMC CmapTools 2006-01 Rev 01-2008.
Nurhayati, A. (2010). Pengaruh Strategi Peta Konsep (Concept Mapping) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. UIN.
Pangestuti, A. A., Susilo, H., & Zubaidah, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading – Concept Map –Teams Games Tournaments Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X IPA 4 SMA Laboratorium Um. In Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya. Seminar NasionalX I, Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret, Surakarta. (Vol. 11, pp. 963–968). Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/4985
Plotnick, E. (1997). Concept mapping: a graphical system for understanding the relationship between concepts. ERIC Digest, (1), 1–7. Retrieved from http://www.ericdigests.org/1998-1/concept.htm
Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kostruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wulansari, B., Hanik, N. R., & Nugroho, A. A. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) disertai Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tawangsari. Journal of Biology Learning, 1(1), 47–52. https://doi.org/10.32585/.v1i1.250
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Biology Learning agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.