The effectiveness of the team quiz type cooperative learning model on the learning outcomes of class XI students in geography subjects at SMAN 4 Palu

Penulis

  • Sitti Nurhaliza Pendidikan Geografi Universitas Tadulako, Indonesia
  • Haslita Rahmawati Hasan Universitas Tadulako, Indonesia
  • Ika Listiqowati Universitas Tadulako, Indonesia
  • Suwarni Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32585/jgse.v7i1.6377

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 4 Palu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, tes, dan dokumentasi untuk menentukan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kuis tim. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model Kuis Tim dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran Diskusi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang dilakukan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan tes (t-test) untuk membandingkan hasil belajar kedua kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kuis tim berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI Geografi di SMA Negeri 4 Palu.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-06-11

Cara Mengutip

Nurhaliza, S., Hasan, H. R., Listiqowati, I., & Suwarni. (2025). The effectiveness of the team quiz type cooperative learning model on the learning outcomes of class XI students in geography subjects at SMAN 4 Palu. Journal of Geography Science and Education, 7(1). https://doi.org/10.32585/jgse.v7i1.6377

Terbitan

Bagian

Artikel