Analisis Manajemen Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pratama Sukoharjo

Authors

  • Iik Sartika Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/jmiak.v5i2.2841

Keywords:

Manajemen Klaim, Jaminan Hari Tua, BPJS Ketenagakerjaan

Abstract

Jaminan Hari Tua (JHT) merupakan program yang paling besar manfaatnya, dilihat dari jumlah klaim JHT pada tahun 2020 dan 2021 mengalami peningkatan di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenegakerjaan KCP Sukoharjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen klaim Jaminan Hari Tua di BPJS Ketenagakerjaan KCP Sukoharjo pada poin actuating.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, metode penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dan observasi dengan informan meliputi 1 orang kepala kantor cabang. 2 orang penata madya pelayanan dan umum, 1 orang penata madya keuangan, 2 orang peserta. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan perekam. Analisis data mengunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.

Hasil penelitian berdasarkan wawancara mendalam dan observasi didapatkan hasil bahwa manajemen klaim JHT yang diterapkan BPJS Ketenagakerjaan KCP Sukoharjo mengacu pada Peraturan Pemerintah No 46 Tahun 2015 dan Permenaker No 4 Tahun 2022, proses pendaftaran pengajuan klaim JHT melalui online sudah diterapkan, proses verifikasi dokumen dilakukan dengan konfirmasi melalui video call whatsapp, proses agenda klaim dilakukan otomatis dari sistem langsung, dan proses pembayaran klaim dilakukan oleh bagian keuangan secara mandiri dengan transfer kepada peserta melalui BNI direct.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan diharapkan meningkatkan sosialisasi kepada peserta terkait mekanisme dan persyaratan administrasi pengajuan klaim JHT terhadap perubahan peraturan baru yaitu Permenaker No 4 Tahun 2022. Memberikan layanan konfirmasi langsung via whatsapp atau email, membuat SOP terkait pelaksanaan klaim JHT, menanyakan apakah rekening masih aktif dan membuat sosial media khusus untuk BPJS Ketenagakerjaan KCP Sukoharjo yang dapat menjadi media penyampaian informasi, sosialisasi dan tempat konsultasi.

Kata kunci           : Manajemen Klaim, Jaminan Hari Tua, BPJS Ketenagakerjaan

Published

2022-11-17

Issue

Section

Article