Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1190Abstract
Artikel ini mengkaji tentang kelebihan dan kekurangan pembelajaran luring dan daring dalam pencapaian kompetensi dasar kurikulum bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui terkait apa saja yang menjadi kelebihan maupun kekurangan pada proses pembelajaran luring maupun daring. Seperti yang kita ketahui bahwa, ada dua sistem pembelajaran yang diterapkan saat ini yaitu sistem daring (dalam jaringan) dan sistem luring (luar jaringan). Tentu, kedua sistem pembelajaran ini, memiliki letak persamaan maupun berbedaan, dan juga letak kelebihan dan kelemahan baik dalam proses pembelajaran, maupun keefektifan yang akan dicapai, tentu hal ini juga akan berpengaruh pada pencapaian kompetensi dasar yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif berdasarkan fakta lapangan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelajaran luring maupun daring dalam pencapaian kompetensi dasar kurikulum bahasa Arab. Hasil kajian dan pembahasan menunjukkan bahwa terdapat data yang diperoleh dilapangan bahwa pembelajaran luring maupun daring terdapat kelebihan dan kekurangan baik dari segi, metode, media, maupun proses pembelajarannya. Dan berkenaan dengan hal itu, proses pembelajaran luring maupun daring keduanya tidak menjamin kompetensi dasar dalam kurikulum, dapat sepenuhnya tercapai dengan maksimal.
Kata-kata Kunci: Luring dan Daring, Kompetensi Dasar, Kurikulum Bahasa Arab
Downloads
References
Ahmad. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Pendampingan Sistem Daring, Luring, atau Kombinasi Pada Masa New Normal Covid-19, Jurnal Paedagogy volume7(2), Oktober.
Atik Sholihatul, Hikmawati. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Arab Di Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang, Jurnal Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, volume 2(1), Juni.
Asmuni, (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya, Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan volume 7(4), Oktober.
Ekantini, Anita. (2020). EfektivitasPembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP, Jurnal Pendidikan Madrasah, volume 5(2), November.
Erwan Rio, Pratama dan Sri Mulyati. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring Pada Masa Pandemi Covid-19, JurnalGagasan Pendidikan Indonesia, volume 1(2), Desember.
Giyarsi, (2020). Strategi Alternatif Dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Ghaitsa: Islamic Education Journal volume 1(3).
Hanifah Unik Salsabila dkk. (2020). Peran Tekhnologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, volume 17(2), Juli-Desember.
Munir Ahmad, Saifulloh dan Mohammad Darwis. (2020). Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Relajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Bidayatuna, volume 3(2), Oktober.
Menteri Peraturan Agama Republik Indonesia Nomor 000912 Tahun 2013 Tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab.
Menteri Keputusan Agama Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah.
Malyana, Andasia. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, volume 2(1).
Muslimah, Muslimah. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas IXD SMP Negeri 1 Tawangsari. Jurnal Pendidikan, Volume 29(3), Nopember 2020, hal: 287-294.
Nurdianto Talqis, dan Noor Azizi Bin Ismail. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Common European Framework Of Reference For Language (CEFR) Di Indonesia. Jurnal at-Mahara: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, volume 6(1), Juni.
Petta Solong, Najamuddin, dan Luki Husin. (2020). Penerapan Kompetensi Kepribadian Guru Pai. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3.2.
Perdana Ayusi Putri, dkk. (2021). Strategi Pembelajaran Melalui Daring dan Luring Selama Pandemi Covid-19 di SD Negeri Sugihan 03 Bendosari. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Pendidikan volume 2(1), April.
Putria, Hilnadkk. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, volume 4(4).
Roni, Acep Hamdani, dan Asep Priatna, (2020). Efektivitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang, Jurnal Ilmiah PGSD SKTKIP Subang volume 6(1), Juni.
Rosita Novi Rahmawati, dkk. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Saat Pandemi di Madrasah Ibtidaiyah, SITTAH: Journal of Primary Education, volume 1(2), Oktober.
Trisnawati Wahyu dan Sugito. (2021).Pendidikan Anak Dalam Keluarga Era Covid-19, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, volume 5(1).
Wahida, Robbiatul. (2020). Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pada Pembelajaran Bahasa Arab Daring Via WhatsApp Di Madrasah Tsanawiyah, Jurnal Sastra Arab: Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI Malang, 04 Oktober.
Wahyono, Poncojari dkk. (2020). Guru Profesional di masa Pandemi Covid-19: Review Implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring, Jurnal Pendidikan Profesi Guru volume 1(1).
Wardani Anita dan YuliaAyriza. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini volume 5(1).
Wahyuni, Sri. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 2 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020.Jurnal Pendidikan, volume 29(3), Nopember 2020, hal: 269-278.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.