Nilai Kemandirian dalam Wacana Ungkapan Hikmah di SD Se Karesidenan Surakarta

Eko Purnomo, Agus Budi Wahyudi, Sawitri Sawitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter kemandirian dalam ungkapan hikmah di SD Se Karesidenan Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini ungkapan hikmah yang ditemukan di SD Se Karesidenan Surakarta. Sumber data penelitian ini adalah ungkapan hikmah di SD eks Karesidenan Surakarta yang memiliki nilai pendidikan karakter kemandirian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, dokumentasi, dan catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan referensial. Teknik validasi data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi teori yaitu dengan mencocokkan teori yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam ungkapan hikmah di SD Se Karesidenan Surakarta mengandung nilai pendidikan karakter kemandirian antara lain etos kerja (kerja keras), tangguh tahan banting, daya juang, kreatif, dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Kata-kata Kunci: Ungkapan hikmah, SD, Nilai pendidikan karakter kemandirian


Full Text:

PDF

References


Arfiah, S. & Prasetya, A. (2017). Pembelajaran Kepramukaan dalam Penguatan Karakter Kemandirian dan Tanggung Jawab dalam Upaya Mempersiapkan Mahasiswa PPKn sebagai Pembina Ekstrakurikuler di Sekolah. URECOL, hal: 167-178.

Baharun, H. (2017). Total Moral Quality: A New Approach for Character Education in Pesantren. Ulumuna, 21(1), hal: 57-80.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. America: United States of America.

Hairani, E. (2018). Pembelajaran Sepanjang Hayat Menuju Masyarakat Berpengetahuan. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 2(1), hal: 355-377.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Khamid, A. (2020). Model Pendidikan Karakter Kemandirian di Pondok Pesantren Al-Manar Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang dan Pondok Pesantren Anibros Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Jurnal Inspirasi, Volume 4(1), hal: 25-40.

Lendari, H. (2017). Pendidikan Karakter Kemandirian bagi Perempuan dalam Novel Love Sparks in Korea Karya Asma Nadia (Pendekatan Analisis Gender). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, volume 6(2), hal: 253-272.

Lestari, P. (2018). Urgensi Habituasi Nilai Karakter Kemandirian dan Tanggung Jawab Peserta Didik Sekolah Menengah Keguruan. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, volume 4(2), hal: 114-119.

Mawarsih, S. E., Susiloningsih., & Hamidi, N. (2013). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Jumapolo. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, volume 1(3),1-13.

Muryaningsih, S., & Mustadi, A. (2015). Pengembangan rpp tematik-integratif untuk meningkatkan karakter kerja keras di kelas 1 sd n 2 sokaraja tengah. Jurnal Prima Edukasia, volume 3(2), hal: 190-201.

Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, volume 12(2), hal: 183-193.

Rai, N. G. M., Savitri, E. D., & Ratu, A. (2018). Pengembangan Layanan Pusat Karir sebagai Strategi Membentuk Karakter yang Tangguh dalam Membangun Perencanaan Karir Mahasiswa Di Era Revolusi Industry 4.0. IPTEK Journal of Proceedings Series, (5), hal: 139-148.

Setiawaty, R., Wahyudi, A. B., Santosa, J., Sabardila, A., & Kusmanto, H. (2018). Stiker Ungkapan Hikmah Sebagai Media Pemartabatan Karakter Anak Didik di Lingkungan Sekolah Muhammadiyah. Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, hal: 177-188

Samiaji, M. H. (2019). Perkembangan Karakter Mandiri dan Jujur Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Anak-Anak KB Wadas Kelir Purwokerto Selatan). ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, volume 7(2), hal: 295-308.

Santoso, J., Wahyudi, A. B., Sabardila, A., Setiawaty, R., & Kusmanto, H. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Pada Ungkapan Hikmah Di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, (1), hal: 63-79.

Sari, N. K. S. K., Hutabarat, M. S., Susanti, E., & Sopyan, M. (2020). Strategi Penanaman Karakter Islami pada Siswa MTS Swasta Al Manar Medan Johor (Studi Kasus Selama Pembelajaran Daring). Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, volume 1(2), hal: 247-164.

Sudaryanto. (2018). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Susanti, S., Imran, I., & Ulfah, M. (2018). Penanaman Pendidikan Karakter Kemandirian Perilaku Santriwati melalui Metode Pembiasaan Pondok Pesantren Nurusshibyan Singkawang Tengah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, volume 9(12), hal: 1-10.

Wahyuddin, W. (2017). Pendidikan Sepanjang Hayat Menurut Perspektif Islam. SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman, volume 3(02), hal: 191-208.

Wahyuni, M., & Mustadi, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Collaborative Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Bersahabat. Jurnal Pendidikan Karakter, volume 6(2), hal: 246-260.

Wardani, K. (2010, November). Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. In Proceeding of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI &UPSI, hal: 8-10.

Wardani, L. S. P., Al-Ma’ruf, A. I., & Prayitno, H. J. (2010). Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah Bersumberkan Wacana Berita. Jurnal Analisa Sosiologi, volume 9, hal: 329-342.

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, volume 6(2), hal: 232-245.

Yuliana, W. D., Mahardhani, A. J., & Utami, P. S. (2019). Pola Pendidikan Karakter Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra pada Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo. Edupedia, volume 3(1), hal: 39-47.

Zurqoni, Z., Retnawati, H., Apino, E., & Anazifa, R. D. (2019). Impact of Character Education Implementation: a Goal-Free Evaluation. Problems of Education in the 21st Century, 76(6), hal: 881–899.




DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics