Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa melalui Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas VII F SMP Negeri 1 Bulu
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1283Abstract
Penelitian tindakan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang timbul dalam pembelajaran IPA, kususnya pada materi atau kompetensi dasar “ Klasifikasi makhluk hidup di kelas VII F Semester 1 SMP Negeri 1 Bulu. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Bulu tahun pelajaran 2019/ 2020 sebanyak 28 siswa sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan untuk subjek pelaku tindakan adalah guru IPA kelas VII F selaku guru, teman sejawat selaku subjek yang melakukan observasi proses pembelajaran, Kepala Sekolah selaku subjek sumber data .Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Bulu tahun pelajaran 2019/ 2020. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata prestasi belajar IPA siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 68,96, pada siklus I sebesar 75,14 dan pada siklus II sebesar 81,00.
Kata-kata Kunci: pembelajaran kooperatif tipe STAD dan prestasi belajar IPA siswa.
Downloads
References
Arifin Zaenal. (1990). Evaluasi Instruksional Prinsip-Teknik prosedur. Bandung: Remadja Rosdakarya.
Astuti, Siti Irene. (2007). Desentralilsasi Pendidikan dan Ketimpangan Mutu pada tingkat Satuan Pendidikan. Makalah Simposium Nasional 2007, Jakarta 26-27 Juli 2007. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Balitbang, Depdiknas RI.
Depdiknas. (2003). Indikator Pendidikan di Indonesia. Jakarta: LitBang Depdiknas.
Depdiknas (2004). Materi Pelatihan Terintegrasi Sains. Departemen Pendidikan Nasional.
Hartanto, Sri (2019) Peningkatan Prestasi Belajar IPA Menggunakan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas IX B SMP Negeri 2 Sukoharjo. Jurnal Penelitian Kependidikan, volume 28(1), hal: 20-30.
Jamiyem. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams achievement Division (STAD) Bagi Siswa Kelas IX H Semester II SMP Negeri 4 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan, volume 29(3), hal: 261-268.
Nizland. 2007. Student Teams Achievement Divisions (STAD). Tesedia di http://nizland.wordpress.com. Diakses pada tanggal 5 Agustus 2019
Poerwadarminta.(1976).Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Slavin,Robert,E. (1995). Cooperative Learning Research and Practice. Boston: Allyn & Bacon.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Suyoto. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Budaya Dan Kesenian Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 3 Weru Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Jurnal Pendidikan, volume 29(1), hal: 85-92.
Sukmadinata,N.S.,dkk. (2002). Pengendalian mutu pendidikan sekolah menegah. Bandung: Kesuma Karya.
Sumardi. (2020). Apakah Melalui Media AudioVisual dan Metode STAD (Students Teams Achievement Division) dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Inggris (Knowledge and Writing Sklil) Teks Recount Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gemolong Kabupaten Sragen Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan, volume 29(1): hal: 21-36.
Suratmi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Budaya dan Kesenian (SBK). Jurnal Pendidikan, volume 29(3), hal:305-312.
Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1), 40-56.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.