Peningkatan Hasil Belajar Seni Budaya melalui Model Pembelajaran Kooperatf Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada Siswa Kelas VII D Semester 1 SMP Negeri 1 Bulu Tahun pelajaran 2019/ 2020

Authors

  • Francisca Dwi Kartiningsih

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1284

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Seni Budaya melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Bulu tahun pelajaran 2019/ 2020. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Bulu tahun pelajaran 2019/ 2020  sebanyak 28 siswa sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan untuk  subjek pelaku tindakan adalah guru Seni Budaya kelas VII D selaku guru, teman sejawat selaku subjek yang melakukan observasi proses pembelajaran, Kepala Sekolah selaku subjek sumber data. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik dokumentasi, observasi dan tes. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Seni Budaya siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Bulu tahun pelajaran 2019/ 2020. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar Seni Budaya siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 65,54 pada siklus I sebesar 74,11 dan pada siklus II sebesar 84,82. Selain itu, presentase ketuntasan belajar siswa, yaitu sebelum tindakan sebesar 35,71%, pada siklus I sebesar 67,86% dan pada siklus II sebesar 89,29%.

Kata-kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe STAD dan hasil belajar Seni Budaya                              siswa.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Djatar, Tengku Zahara. (2001). Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Jakarta: Subbag Publikasi Sekretariat Badan.

Jamiyem. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams achievement Division (STAD) Bagi Siswa Kelas IX H Semester II SMP Negeri 4 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan, volume 29(3), hal: 261-268.

Safrina, Rien. (1999). Pendidikan Seni Musik. Jakarta: Depdikbud.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyoto. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Budaya Dan Kesenian Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 3 Weru Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Jurnal Pendidikan, volume 29(1), hal: 85-92.

Sumardi. (2020). Apakah Melalui Media Audio Visual dan Metode STAD (Student sTeams Achievement Division) dapat meningkatkan Motivasi dan Hasil belajar Bahasa Inggris (Knoledge and Writing Skill) Teks Recount Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gemolong Kabupaten Sragen Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan, volume 29(1), hal: 21-36.

Suratmi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Budaya dan Kesenian (SBK). Jurnal Pendidikan, volume 29(3), hal:305-312.

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1), 40-56.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

Kartiningsih, F. D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Seni Budaya melalui Model Pembelajaran Kooperatf Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada Siswa Kelas VII D Semester 1 SMP Negeri 1 Bulu Tahun pelajaran 2019/ 2020. Jurnal Pendidikan, 30(2), 323–330. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1284

Issue

Section

Artikel