Implementasi Project Based Learning (Improbasle) Pada Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Siswa SMA Negeri 1 Tawangsari Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • Sri Yamsih SMA NEGERI 1 TAWANGSARI

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1377

Abstract

ABSTRAK :  Implementasi Project Based Learning  pada pembelajaran online di masa pandemi Covid-19 bagi siswa SMA Negeri 1 Tawangsari merupakan pendekatan pembelajaran yang bertujuan  memberikan kebebasan kepada siswa untuk merencanakan aktivitas belajar, melaksanakan proyek secara kolaboratif dalam memecahkan permasalahan dan pada akhirnya menghasilkan produk kerja yang dapat dipresentasikan kepada orang lain yang dapat dijadikan rekomendasi dalam memecahkan permasalahannya.  Project Based Learning (PjBL) merupakan serangkaian aktivitas pembelajaran  yang menuntun siswa untuk melakukan kegiatan/proyek. Langkah-langkah pembelajaran  meliputi  : penentuan proyek, perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek, penyusunan jadwal pelaksanaan proyek, penyelesaian proyek dengan fasilitas dan monitoring guru, presentasi/publikasi hasil produk, evaluasi proses dan hasil proyek. E-Learning merupakan pembelajaran  online yang harus dijalani semua siswa di SMA Negeri 1 Tawangsari  . Pembelajaran online membutuhkan sarana dan prasarana  berupa hp, komputer/laptop, serta jaringan internet. Sekolah mengambil kebijakan  dengan memberikan bantuan kouta belajar bagi seluruh siswa beserta bapak/ibu guru. Selain itu seluruh siswa juga mendapat bantuan kuota belajar dari Kemdikbud. Diharapkan pembelajaran secara online bisa berjalan dengan baik.

Kata-kata Kunci :  Implementasi Project Based Learning  ( Improbasle )

References

Briliannur Dwi C, Aisyah Amelia, Uswatun Hasanah, Abdy Mahesha Putra, Hidayatur Rahman. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, volume 2(1): 28-37.

Dinita Mubianti. (2020). Perencanaan E-Learning Masa Pandemi Covid-19. https://www.kompasiana.com/dinita33308/5fd98d6ad541df061016a225/perencanaan-e-learning-masa-pandemi-covid-19 (di akses: 7 Maret 2020).

Dwi Puji Astuti, Siswandari,Djoko Santoso. (2017). E-Book for Problem Based Learning to Improve Learning Outcome of the Students. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 15(8): 220-227.

Dwi Sulisworo. (2020). Praktik Pembelajaran Online Era Covid-19. Yogyakarta: CV Markumi.

Hamidi Ahmad. (2020). Workshop Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Prodi IKOR. Jurnal Maenpo: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, volume 10(2): 109-118.

Hani Abdul. (2020). Strategi Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid–19.Jurnal Agriwidya, volume 1(3): 3-10.

Indy Kumalasari. (2014). Pendekatan Saintifik. https://www.slideshare.net/indykumalasari/ 10-pendekatansaintifik (di akses: 8 Maret 2020).

Mulyani Sri. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Pernafasan Melaui Model Problem Based Learning Bagi Peserta Didik Kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan, volume 29(2): 143-150.

Nurfitriyanti, Maya. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, volume 6(2): 149-160.

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1), 40-56.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Teach, Intel (2007). Modul Pelatihan Intel Teach–Getting Started, Intel Education.

Teach, Intel (2008). Modul Pelatihan Intel Teach–Essentials Course, Intel Education.

The George Lucas Educational Foundation.(2005). Instructional Module Project Based Learning.

Winarno Agung & Maulana Afidzatul. (2020). The Implementation of Project Based Learning (PjBL) Based on STEM: A Reflection of Concept and Reality Within Learning Process in Business Department of Vocational High School. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, volume6(2): 78-86.

Downloads

Additional Files

Published

2021-06-25

How to Cite

Yamsih, S. (2021). Implementasi Project Based Learning (Improbasle) Pada Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Siswa SMA Negeri 1 Tawangsari Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan, 30(2), 219–224. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1377

Issue

Section

Artikel