Pengembangan Instrumen Evaluasi PPDB Model Contetx, Input, Process, Product (CIPP)

Authors

  • Winarto Winarto Peradaban University
  • Adnan Yusufi Peradaban University
  • Taufiq Khoirurrohman Peradaban University
  • Dwi Hesty Kristyaningrum Peradaban University

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1395

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan instrument evaluasi PPDB sistem zonasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah 4D dari Thiagarajan (1974). Teknik sampel yang digunakan yaitu purpossive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh (1) Instrumen  dikembangkan berdasarkan studi pendahuluan belum ada dan perlu dikembangkan untuk melakukan evaluasi. (2) Instrumen evaluasi model CIPP yang dikembangkan  layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi ahli evaluasi, ahli pengukuran dan praktisi sekolah dengan kategori  baik
 
Kata-kata kunci : Pengembangan, Instrumen, Evaluasi, PPDB; Zonasi; CIPP             

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiwisastra, J. Irawati, I. and Purwanti, D. (2018). Efektivitas Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi Bagi Siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan, Jurnal Dinamika, 5(4):1-7.

Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational Research. New York London: Longman.

Kaire Põder, Triin Lauri & Andre Veski. 2016. Does School Admission by Zoning Affect Educational Inequality? A Study of Family Background Effect in Estonia, Finland, and Sweden, Scandinavian Journal Of Educational Research, http://dx.doi.org/10.1080/00313831.2016.1173094

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta’dib, 6 (1):1-15.

Mardapi, D. (2008). Teknik Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: MITRA CENDIKIA Press.

Marini, K. (2019). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Pada Sma Negeri Di Kota Bandar Lampung, Skripsi: UNILA Lampung. Diakes dari: http://digilib.unila.ac.id/56650/4/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.p df

Muyararoh & Sutrisno. (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi Cipp Pada Program Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren, Jurnal Penelitian dan Evaluasi,18 (2): 213-235.

Muzayanah. (2011). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Prodi Teknologi Pendidikan UNJ

Perdana, N.S. (2019). Implementasi PPDB Zonasi Dalam Upaya Pemerataan Akses Dan Mutu Pendidikan.Jurnal Pendidikan Glasser: 3 (1): 78-92

Permendiknas. (2018). No. 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, atau Bentuk Lain yang Sederajat. Diambil dari https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/PERMENDIKBUD%20NOMOR%2051%20TAHUN%202018.pdf pukul 18.00

Prasetyo, J. (2018). Evaluasi Dampak Kebijakan Sistem Zonasi PPDB Terhadap Jarak Tempat Tinggal Dan Biaya Transportasi Pelajar SMA Di DIY. Tesis. Diunduh dari http://etd.repository.ugm.ac.id/

Roswati. (2008). Evaluasi Program/Proyek (Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Format Usulan), Jurnal Pendidikan Penabur, http://www.bpkpenabur.or.id/files/Hal.%206471%20Evaluasi%20Progra m.pdf. Diambil 12 Juni 2019 16.

Stufflebeam, D. L. 2003. The CIPP Model for Evaluation: the Article Presented at the 2003 Annual Conference of the Oregon Program Evaluators Network (OPEN) 3 October 2003 (online). (http://www.wmich.edu, diakses 18 Juli 219). 17.

Supahar., Asfaroh, J.A., Rosana, D. 2017. Development of CIPP Model of Evaluation Instrument on the Implementation of Project Assessment in Science Learning, International Journal of Environmental and Science Education (IJESE), 12 (1): 78-92

Supahar., Kurnia,F., Rosana, D. 2018. Developing evaluation instrument based on CIPP models on the implementation of portfolio assessment, AIP Conference Proceedings

Suparyono, Ipar. 2011. Analisis Sistem Administrasi Penerimaan Peserta Didik Baru Oonline SMA Negeri Provinsi DKI Jakarta. Jakarta: Tesis Universitas Gunadarma, http://library.gunadarma.ac.id//repository/view/3752285/ analisis-sistem-administrasipenerimaan-peserta-didik-baru-online-smanegeri-provinsi-dki-jakarta.html.diunduh pada 2 Juni 2019.

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1), 40-56.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Stufflebeam, D. (1972). Educational Evaluation and Decising Making: Pecocok Publicers Inc.

Widyawati, D., Rosdiana, W. 2018. Evaluasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Di SMAN 22 Surabaya Tahun 2018, Jurnal Mahasiswa Unesa Diakses dari :https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/27380

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

Winarto, W., Yusufi, A., Khoirurrohman, T., & Kristyaningrum, D. H. (2021). Pengembangan Instrumen Evaluasi PPDB Model Contetx, Input, Process, Product (CIPP). Jurnal Pendidikan, 30(2), 165–176. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1395

Issue

Section

Artikel