Meningkatkan Penguasaan Mata Pelajaran PKn tentang Budaya Indonesia melalui Penugasan dengan Diskusi Kelompok pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karanglincak

Authors

  • sugino sugino

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1448

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan penugasan dengan metode diskusi kelompok dalam mata pelajaran PKn tentang budaya Indonesia dan peningkatan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri Karanglincak Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian ini adalah model siklus. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian ini adalah penerapan penugasan dengan metode diskusi kelompok di dalam kelas dan di luar kelas dan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar pada Kondisi Awal adalah nilai rata-rata sebesar 64,46 dan ketuntasan sebesar 14,28%. Hasil belajar pada Siklus I adalah nilai rata-rata sebesar 74,28 dan ketuntasan sebesar 60,71%. Hasil belajar pada Siklus II adalah nilai rata-rata sebesar 84,46 dan ketuntasan sebesar 96,42%.

 Kata-kata Kunci: Budaya Indonesia, Penugasan, Diskusi.

References

Djamarah, SB. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Madjid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Masitoh. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Mujinem. (2018). Peningkatan Pemahaman, Keterampilan Berpikir dan Sikap Demokratis Siswa dengan Metode Diskusi Kelompok dalam Pembelajaran PKn di Kelas XI L1 SMK N 3 Kasihan. Jurnal Ilmiah Guru, volume 16(2), Hal: 49-58.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Syah, M. (2007). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syafril. (2019). Peningkatan Pemahaman Materi Globalisasi melalui Metode Diskusi Kelompok Kelas IV SD Negeri 10 Krueng Sabe. Serambi Akademica, volume 7(1), Hal: 9-19.

Sahnun. (2018). Efektivitas Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Menjelaskan Proses Pemilu dan Pilkada pada Siswa Kelas VI SDN 7 MontongBaan. El Tsaqafah, volume 17(2), Hal: 221-238.

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1), 40-56.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Wagiyem. (2021). Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Tata Tertib Model Make a Match Siswa Kelas I SDN Bendosari 03 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan, volume 29(1), Hal: 123-132.

Warsini. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas IXC Semester 1 SMP Negeri 2 Nguter Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan, volume 29(3), Hal: 279-286.

Zuharini. (2003). Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional.

Downloads

Additional Files

Published

2021-06-25

How to Cite

sugino, sugino. (2021). Meningkatkan Penguasaan Mata Pelajaran PKn tentang Budaya Indonesia melalui Penugasan dengan Diskusi Kelompok pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karanglincak. Jurnal Pendidikan, 30(2), 283–290. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1448

Issue

Section

Artikel