Analisis Kebijakan Zonasi : Terampasnya Hak Sekolah dan Siswa dalam Pendidikan

Authors

  • Iske Mareta Universitas Ahmad Dahlan
  • Indah Ayuningtyas Universitas Ahmad Dahlan
  • Dina Rosa Universitas Ahmad Dahlan
  • Nur Wahdaniah Ijatul Islamiah Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1522

Abstract

Ketimpangan dan pengkastaan dalam ranah pendidikan memembuat pemerintah bergerak untuk membuat kebijakan baru demi mengatasi permasalahan tersebut. Kebijakan zonasi disebut-sebut sebagai salah satu kebijakan yang mampu menjamin segala pengkastaan dan ketimpangan pendidikan dalam suatu sekolah favorit dan tidak favorit. Dengan menggunakan metode literatur review menggunakan kepustakaan dalam mengumpulkan referensi dari berbagai buku maupun jurnal yang terkait. Penelitian ini mencoba untuk menjawab hak sekolah dan hak siswa yang seperti apa yang terampas akibat kebijakan zonasi. Hasil yang kami temui mengemukakan bahwasannya kebijakan zonasi telah mampu melakukan ketimpangan pendidikan dalam pelabelan sekolah favorit namun tidak dengan ketimpangan kualiatas sebuah sekolah.

Kata-kata Kunci: Pendidikan, Kebijakan, Zonasi

References

Abbas, H. (2019). Meluruskan Arah Pendidikan Isu-Isu Kritis Pendidikan Solusi dan Prospek. Jakarta: Kompas.

Aminah, Siti (2018). Implementasi Permendikbud No 17 Tahun 2017 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru di SMA Negeri 1 Prambon Nganjuk Tahun 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri. Diakses dari http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/766

Arwildayanto, Arifin, S., & Sumar, W. T. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Kajian Teoritis, Eksploratif Dan Aplikatif. Bandung: Cendekia Press

Harususilo, Y. E. (2019). 3 Alasan Mendikbud Nadiem Pertahankan Sistem Zonasi di PPDB 2020. Retrieved April 25, 2021, from edukasi.kompas.com website: https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/17/07362461/3-alasan-mendikbud-nadiem-pertahankan-sistem-zonasi-di-ppdb-2020?page=all#page2

Hendrawansyah, H., & Zamroni, Z. (2020). Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Siswa Baru Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 70–82. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.27007

Yuliani, M. (2019). Ketimpangan Pendidikan di Era Globalisasi. https://doi.org/10.31227/osf.io/xnw4e

Yusnilaningsih, R. (2019). Total Pendaftar PPDB SMP Kota Bekasi Melebihi Kapasitas, tapi Beberapa Jalur Kurang Peminat. Retrieved April 25, 2021, from www.pikiran-rakyat.com website: https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01314570/total-pendaftar-ppdb-smp-kota-bekasi-melebihi-kapasitas-tapi-beberapa-jalur-kurang-peminat.

Jamil, F. (2020). Korelasi Sarana Prasarana Pendidikan Dengan Motivasi Mengajar Guru. https://doi.org/10.35542/osf.io/a5v9j

Kemendikbud, T. K. P. K. dan B. K. dan L. M. (2018). Semua Bisa Sekolah! Zonasi untuk Pemerataan yang Berkualitas. Retrieved April 25, 2021, from kominfo.go.id website: https://www.kominfo.go.id/content/detail/13689/semua-bisa-sekolah-zonasi-untuk-pemerataan-yang-berkualitas/0/artikel_gpr#:~:text=Sistem zonasi merupakan salah satu,serta pemerataan kualitas pendidikan nasional.&text=Zonasi dipandang strategis untuk memper

Mahpudin, M. (2020). Hak Warganegara Yang Terampas: Polemik Kebijakan Sistem Zonasi dalam Pendidikan Indonesia. Jurnal Transformative, 6(2), 148–175. https://doi.org/10.21776/ub.transformative.2020.006.02.2

Pengelola web kemdikbud. (2019). Penetapan Zonasi Sekolah dalam Proses Perampungan. Retrieved April 25, 2021, from kemdikbud.go.id website: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/02/penetapan-zonasi-sekolah-dalam-proses-perampungan

Pengelola web kemdikbud. (2019). PPDB 2020 Tetap Sistem Zonasi, Kuota Jalur Prestasi Ditambah. Retrieved April 25, 2021, from kemdikbud.go.id website: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/ppdb-2020-tetap-sistem-zonasi-kuota-jalur-prestasi-ditambah

Perdana, N. S. (2019). Implementasi Ppdb Zonasi Dalam Upaya Pemerataan Akses Dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(1), 78. https://doi.org/10.32529/glasser.v3i1.186

Pradewi, G. I., & Rukiyati, R. (2019). Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Perspektif Pendidikan. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 28–34. https://doi.org/10.17977/um025v4i12019p028

Rihardi, S. A., & Yusliwidaka, A. (2020). Menakar Sistem Zonasi Penerimaan Siswa Baru Di Era Desentralisasi Pendidikan. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 1–13. https://doi.org/10.31932/ve.v11i1.540

Syakarofath, N. A., Sulaiman, A., & Irsyad, M. F. (2020). Kajian Pro Kontra Penerapan Sistem Zonasi Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 115–130. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i2.1736

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1), 40-56.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Thoha, M., & Ghazali, H. A. (2020). Dampak Penerapan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 141. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i1.3302

Wahyuni, D. (2019). Pro Kontra Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Tahun Ajaran 2018/2017. Info Singkat Bidang Kesejahteraan Sosial Puslit Badan Keahlian DPR, X(14), 13–18.

Wahyuni, Y. S. D., Nurhadi, N., & Nurcahyono, O. H. (2020). Strategi manajemen sekolah dalam menghadapi pemberlakuan sistem zonasi. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 124–136. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.31858

Wardhana, L. P., & Supriyoko, S. (2019). Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Secara Online Berbasis Zonasi, Prestasi dan Perpindahan. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 228. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i2.5063

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

Mareta, I., Ayuningtyas, I., Rosa, D., & Islamiah, N. W. I. (2021). Analisis Kebijakan Zonasi : Terampasnya Hak Sekolah dan Siswa dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 30(2), 235–244. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1522

Issue

Section

Artikel