Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Kelas Dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran Melalui Supervisi Kelas Di SD Negeri Pucangan 02 Kartasura Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • tutik nahari

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1536

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan supervisi kelas guna meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan model-model  pembelajaran; dan 2) meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan model-model  pembelajaran di SD Negeri Pucangan 02  Kartasura, Kabupaten Sukoharjo melalui kegiatan supervisi kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS). Penelitian dilaksanakan pada semester 2 tahun pelajaran 2014/2015 dan semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilakukan selama 3 (enam) bulan, yaitu dimulai Agustus sampai Oktober 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang guru kelas, yaitu kelas I sampai VI. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Langkah-langkah pelaksanaan kegiatan supervisi kelas guna meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan model-model  pembelajaran dilakukan sebagai berikut: (a) Mengidentifikasi masalah terkait dengan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran berdasarkan model-model pembelajaran terkini; (b) Menetapkan upaya yang tepat pada saat melaksanakan supervisi kelas dengan cara memberikan bantuan pemikiran dan contoh-contoh yang tepat mengenai penggunaan model-model pembelajaran terkini yang konteks dengan keadaan sekolah; (c) Menetapkan jadwal kegiatan supervisi kelas; (d) Menetapkan kriteria keberhasilan supervisi kelas agar dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran; e) Menyusun instrumen dan melaksanakan supervisi; dan 2)  Kegiatan supervisi kelas dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan model-model  pembelajaran di SD Negeri Pucangan 02  Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan guru dalam menerapkan model-model pembelajaran pada setiap siklus tindakan yang dilakukan. Hasil penilaian terhadap kemampuan guru dalam menerapkan model-model pembelajaran mengalami peningkatan dari sebesar 71.78 pada tahap pra siklus tindakan, meningkat menjadi 80.11 pada tindakan Siklus I, kemudian meningkat menjadi 87.12 pada tindakan Siklus II.

Kata-kata Kunci: Kemampuan guru, model pembelajaran, kualitas pembelajaran,                                supervisi kelas.

References

Iim Waliman, dkk. 2001. Supervisi kelas (Modul Manajemen Berbasis Sekolah). Bandung : DinasPendidikan Provinsi Jawa Barat.

Marsh, Collin. 1996. Handbook for beginning teachers. Sydney : Addison Wesley Longman Australia Pry Limited.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sahertian, Piet, A. dan Frans Mataheru. 2001. Prinsip Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: UsahaNasional.

Sardiman, A. M. 2004. Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Rajawali

Sudrajat, Akhmad. 2010. “Pendekatan Pembelajaran”. Artikel., http://www.akhmad_sudrajat.bogspot.com

Suherman, Erman. 2009. Model-model Pembelajaran. http ://re-searchengines.com/1207trimo1.html Penelitian Tindakan Sekolah.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah (Konsep, prinsip, dan instrumen). Bandung : Aditama.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Winataputra, Udin . 2004. Model pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

nahari, tutik. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Kelas Dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran Melalui Supervisi Kelas Di SD Negeri Pucangan 02 Kartasura Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 30(2), 225–234. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1536

Issue

Section

Artikel