Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Kelas Dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran Melalui Supervisi Kelas Di SD Negeri Pucangan 02 Kartasura Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1536Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan supervisi kelas guna meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan model-model pembelajaran; dan 2) meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan model-model pembelajaran di SD Negeri Pucangan 02 Kartasura, Kabupaten Sukoharjo melalui kegiatan supervisi kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS). Penelitian dilaksanakan pada semester 2 tahun pelajaran 2014/2015 dan semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilakukan selama 3 (enam) bulan, yaitu dimulai Agustus sampai Oktober 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang guru kelas, yaitu kelas I sampai VI. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Langkah-langkah pelaksanaan kegiatan supervisi kelas guna meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan model-model pembelajaran dilakukan sebagai berikut: (a) Mengidentifikasi masalah terkait dengan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran berdasarkan model-model pembelajaran terkini; (b) Menetapkan upaya yang tepat pada saat melaksanakan supervisi kelas dengan cara memberikan bantuan pemikiran dan contoh-contoh yang tepat mengenai penggunaan model-model pembelajaran terkini yang konteks dengan keadaan sekolah; (c) Menetapkan jadwal kegiatan supervisi kelas; (d) Menetapkan kriteria keberhasilan supervisi kelas agar dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran; e) Menyusun instrumen dan melaksanakan supervisi; dan 2) Kegiatan supervisi kelas dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan model-model pembelajaran di SD Negeri Pucangan 02 Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan guru dalam menerapkan model-model pembelajaran pada setiap siklus tindakan yang dilakukan. Hasil penilaian terhadap kemampuan guru dalam menerapkan model-model pembelajaran mengalami peningkatan dari sebesar 71.78 pada tahap pra siklus tindakan, meningkat menjadi 80.11 pada tindakan Siklus I, kemudian meningkat menjadi 87.12 pada tindakan Siklus II.
Kata-kata Kunci: Kemampuan guru, model pembelajaran, kualitas pembelajaran, supervisi kelas.
Downloads
References
Iim Waliman, dkk. 2001. Supervisi kelas (Modul Manajemen Berbasis Sekolah). Bandung : DinasPendidikan Provinsi Jawa Barat.
Marsh, Collin. 1996. Handbook for beginning teachers. Sydney : Addison Wesley Longman Australia Pry Limited.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Pemerintah Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sahertian, Piet, A. dan Frans Mataheru. 2001. Prinsip Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: UsahaNasional.
Sardiman, A. M. 2004. Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Rajawali
Sudrajat, Akhmad. 2010. “Pendekatan Pembelajaran”. Artikel., http://www.akhmad_sudrajat.bogspot.com
Suherman, Erman. 2009. Model-model Pembelajaran. http ://re-searchengines.com/1207trimo1.html Penelitian Tindakan Sekolah.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah (Konsep, prinsip, dan instrumen). Bandung : Aditama.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Winataputra, Udin . 2004. Model pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.