Peningkatan Hasil Belajar Matematika Sifat Sifat Bangun Datar Melalui Metode Ekspositori Siswa Kelas VB SDN Gedangan 01 Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • istrini istrini SD Negeri Gedangan 01, Grogol Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1540

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil ulangan harian matematika siswa kelas VB sejumlah 24 siswa mencapai ketuntansan sebanyak 15 siswa,  dengan prosentase ketuntasan hanya sebesar 63%. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar khusunya pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar melalui metode ekspositori siswa kelas VB SDN Gedangan 01, Grogol Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan melalui empat alur penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan yang terakhir adalah refleksi. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa perangkat soal tes tertulis,dan  lembar hasil pengamatan, yang digunakan untuk mengamati aktivitas belajar dan hasil belajar selama kegiatan berlangsung.  Hasil dari penelitian tindakan kelas ini menyatakan bahwa metode ekspositori meningkatkan hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun datar siswa kelas VB SDN Gedangan 01, Grogol Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019”.Terjadi peningkatan dari rata-rata nilai ulangan, yang semula hanya 65 meningkat menjadi 75 pada akhir kegiatan siklus I dan di Siklus  II meningkat lagi menjadi 82, ini membuktikan bahwa adanya peningkatan sebesar 17 dari kondisi sebelum memakai metode ekspositori sampai akhir tindakan siklus II setelah menngunakan metode ekspositori. Peningkatan ketuntasan siswa juga terlihat secara klasikal, bahwa di kondisi awal hanya 15 dari 24 siswa yang mampu tuntas lebih dari KKM atau 63% menjadi 100% siswa bernilai tuntas atau lebih dari KKM, terjadi peningkatan sebesar 37%, sehingga indikator untuk ketuntasan ?80% dari jumlah siswa tercapai dan tidak perlu diadakan siklus selanjutnya

Kata-Kata Kunci: ekspositori, hasil belajar, bangun datar

References

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Depdiknas. (2006). Permen No. 22 Tahun 2006 tentang Standart Isi. Jakarta.

Dimyati dan Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2010).Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Ika Septi Hidayati, Esti Harini. (2016).Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Tentang FPB Dan KPK Melalui Strategi Pembelajaran Ekspositori. Union: Jurnal Pendidikan Matematika, volume 4(1), hal: 60-70.

Isjoni. (2009). Cooperativ Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Iskandar. (2009). PTK, Jakarta: Gaung Persada Press.

Made Widiari. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Dan Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SD Gugus IX Kecamatan Buleleng. Jurnal Edutech, volume 2(1), hal: 15-25.

Nur Wahyudi.(2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahasinah. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori Di Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, volume 3(3), hal: 25-35.

Sugiyanto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sulastri. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, volume 3(1), hal: 23-32.

Supraptiwi Hariyani. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekresi Manusia melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Metode Eksperimen Siswa Kelas VIIIG SMP Ngeri 1 Boyolali pada semester Genap tahun Pelajaram 2018/2019. Jurnal Pendidikan, volume 28(3), hal: 339-352.

Suprijono. (2010). Cooperativ Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Sutikno, Sobry . (2007). Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna. Bandung: NTP Press.

Tika Karlina Rachmawati. (2018). Pengaruh Metode Ekspositori Pada Pembelajaran

Matematika Dasar Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Edutama, volume 5(1), hal: 18-28.

Wenno I.H. (2008). Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstual. Yogyakarta: Inti Media.

Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Yatim Rianto. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

istrini, istrini. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Sifat Sifat Bangun Datar Melalui Metode Ekspositori Siswa Kelas VB SDN Gedangan 01 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan, 30(2), 311–322. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1540

Issue

Section

Artikel