Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Perubahan Benda Siswa Kelas VI SDN Cemani 03 Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1541Abstract
Latar belakang diadakan penelitian tindakan kelas ini adalah data nilai rata rata ulangan harian sebesar 67. Rendahnya nilai rata-rata kelas disebabkan oleh siswa kurang antusias mengikuti pelajaran IPA dikarenakan kurang tepatnya metode, model ataupun strategi yang digunakan guru dalam mengajar IPA Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan Model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi perubahan benda pada siswa kelas VI SD siswa kelas VI SD Negeri Cemani 03 Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Waktu penelitian selama 5 bulan mulai bulan Agustus 2019 sampai Desember 2019. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 29 siswa Sekolah SD Negeri Cemani 03 Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2019/2020, sedangkan yang menjadi objek penelitian yaitu kegiatan belajar dalam rangka meningkatkan prestasi belajar IPA perubahan benda siswa kelas VI Sekolah SD Negeri Cemani 03 Kabupaten Sukoharjo melalui penerapan model pembelajaran NHT. Pada pelaksanaan PTK ini, peneliti akan menggunakan tiga teknik dalam pengumpulan data. Ketiga teknik tersebut diharapkan bisa dikolaborasikan sehingga mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran NHT di duga dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan benda siswa kelas VI SD Negeri Cemani 03 Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 terbukti kebenarannya. Peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 59% pada kondisi awal meningkat menjadi 76% pada siklus I dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan nilai rata-rata ulangan harian dan ketuntasan belajar peningkatan kriteria ketuntasan secara klasikal juga sudah tercapai.
Kata Kata Kunci: NHT, prestasi belajar, perubahan benda
Downloads
References
Arifin, Zainal.(2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.
Asy’ari, Maslichah.(2006). Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Desak Ketut Paramita.(2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. E-Journal PGSD, volume 4(1), hal: 30-40.
Devi Ayu Ertanti. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif NHT Pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal PGMI, volume 3(1), hal: 40-50.
Djojosoediro. (2010). Pengembangan dan Pembelajaran IPA SD. Malang: UNM Pers.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Keempat. (2008). Jakarta: Gramedia Pustaka
Kurniasih & Sani. (2015). Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Ibrahim.(2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press.
N.M. Juliartini.(2017). Penerapan Model Pembelajaran NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III. Jurnal of Education Action Research, volume 1(3), hal: 60-70.
Rabiah. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Di Kelas IV SD Negeri 031 Pulau Kijang. Jurnal Pajar, volume 2(3), hal: 40-50.
Syaodih, Nana.(2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumardjono. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IVA Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, volume 3(4), hal: 70-80.
Suprapti Hariyani. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Metode Eksperimen Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Boyolali pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Pendidikan, volume 28(3), hal: 339-352.
Susanto, Ahmad.(2014). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1), 40-56.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Tryana, Antin. (2008). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered
Heads Together (NHT).(http://Alt.Red/clnerwork/numbered.htm), diakses
tanggal 12 Juli 2019.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.