Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Perubahan Benda Siswa Kelas VI SDN Cemani 03 Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • haryanti haryanti SDN Cemani 03 Grogol Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1541

Abstract

Latar belakang diadakan penelitian tindakan kelas ini adalah data nilai rata rata ulangan harian sebesar 67. Rendahnya nilai rata-rata kelas disebabkan oleh siswa kurang antusias mengikuti pelajaran IPA dikarenakan kurang tepatnya metode, model ataupun strategi yang digunakan guru dalam mengajar IPA   Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan Model Numbered Heads Together  (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi perubahan benda pada siswa kelas VI SD siswa kelas VI SD Negeri Cemani 03 Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Waktu penelitian selama 5 bulan mulai bulan Agustus 2019 sampai Desember 2019. Subjek  penelitian adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 29 siswa Sekolah SD Negeri Cemani  03 Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2019/2020, sedangkan yang menjadi objek penelitian yaitu kegiatan belajar dalam rangka  meningkatkan prestasi belajar IPA perubahan benda siswa kelas VI Sekolah SD Negeri Cemani 03 Kabupaten Sukoharjo melalui penerapan model pembelajaran NHT. Pada pelaksanaan PTK ini, peneliti akan menggunakan tiga teknik dalam pengumpulan data. Ketiga teknik tersebut diharapkan bisa dikolaborasikan sehingga mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui  penerapan model pembelajaran NHT di duga dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan benda siswa kelas VI SD Negeri Cemani 03 Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 terbukti kebenarannya. Peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 59% pada kondisi awal meningkat menjadi 76% pada siklus I dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan nilai rata-rata ulangan harian dan ketuntasan belajar peningkatan kriteria ketuntasan secara klasikal juga sudah tercapai.

Kata Kata Kunci: NHT, prestasi belajar, perubahan benda

References

Arifin, Zainal.(2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Asy’ari, Maslichah.(2006). Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Desak Ketut Paramita.(2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. E-Journal PGSD, volume 4(1), hal: 30-40.

Devi Ayu Ertanti. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif NHT Pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal PGMI, volume 3(1), hal: 40-50.

Djojosoediro. (2010). Pengembangan dan Pembelajaran IPA SD. Malang: UNM Pers.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Keempat. (2008). Jakarta: Gramedia Pustaka

Kurniasih & Sani. (2015). Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Ibrahim.(2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press.

N.M. Juliartini.(2017). Penerapan Model Pembelajaran NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III. Jurnal of Education Action Research, volume 1(3), hal: 60-70.

Rabiah. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Di Kelas IV SD Negeri 031 Pulau Kijang. Jurnal Pajar, volume 2(3), hal: 40-50.

Syaodih, Nana.(2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumardjono. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IVA Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, volume 3(4), hal: 70-80.

Suprapti Hariyani. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Metode Eksperimen Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Boyolali pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Pendidikan, volume 28(3), hal: 339-352.

Susanto, Ahmad.(2014). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1), 40-56.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Tryana, Antin. (2008). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered

Heads Together (NHT).(http://Alt.Red/clnerwork/numbered.htm), diakses

tanggal 12 Juli 2019.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

haryanti, haryanti. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Perubahan Benda Siswa Kelas VI SDN Cemani 03 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 30(2), 299–310. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1541

Issue

Section

Artikel