Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Konduktor dan Isolator Metode Discovery Learning Siswa Kelas VI SDN Cemani 03 Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1542Abstract
Latar belakang dari penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar siswa sangat memprihatinkan karena dari 37 siswa kelas VI hanya 23 siswa yang mencapai tingkat penguasaan materi 62% keatas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi kondutor dan isolator siswa kelas VI SDN Cemani 03 Kabupaten Sukoharjo Semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Waktu penelitian selama 5 bulan mulai bulan Januari 2019 sampai Mei 2019. Kegiatan tersebut dibagi dalam tahapan yaitu tahap ijin penelitian, tahap pelaksanaan dan tahap penyusunan laporan hasil penelitian. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VI Sekolah SDN Cemani 03 Kabupaten Sukoharjo Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 yangberjumlah 37 siswa Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Konduktor dan Isolator pada siswa kelas VI SDN Cemani 03 Kabupaten Sukoharjo melalui penggunaan metode pembelajaran discovery learning. Penelitian Tindakan Kelas ini, menggunakan tiga pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Melalui pembelajaran discovery learning di duga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa materi konduktor dan isolator siswa kelas VI SDN Cemani 03 Kabupaten Sukoharjo semester 2 tahun pelajaran 2018/2019” terbukti kebenarannya” Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa, yaitu dari 68 pada kondisi awal meningkat menjadi 79 pada Siklus I dan meningkat kembali menjadi 85 pada siklus II. Sedangkan peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 62% pada kondisi awal meningkat menjadi 81% pada siklus I dan meningkat menjadi 100% pada siklus II.
Kata Kata Kunci: discovery learning, hasil belajar, IP
Downloads
References
Baharuddin dan Wahyuni, N, (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Dimyati dan Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hanafiah Nanang dan cucu Suhada. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Adhitama.
Hisyam, Zaini dkk. (2004). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD
Iskandar.(2001). Pendidikan IPA. Bandung: Maulana.
Jogiyanto. (2006). Pembelajaran Metode Kasus. Yogyakarta : CV Andi Offset.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Keempat. (2008). Jakarta: Gramedia Pustaka.
Muhibbin Syah. (2000). Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Oemar Hamalik. (2008).Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sri Sulistyorini. (2007). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Semarang: Tiara Wacana
Suyitno. (2002). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suprapti Hariyani. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Metode Eksperimen Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Boyolali pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Pendidikan, volume 28(3), hal: 339-352.
Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1), 40-56.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
SuryosubrotoB. (2009). ProsesBelajarMengajardiSekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Taniredja,Tukiran dkk. (2012).Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.