Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Konduktor dan Isolator Metode Discovery Learning Siswa Kelas VI SDN Cemani 03 Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • hariyono hariyono SDN Cemani 03, Grogol Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1542

Abstract

Latar belakang dari penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar siswa sangat memprihatinkan karena dari 37 siswa kelas VI hanya 23 siswa yang mencapai tingkat penguasaan materi 62% keatas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi kondutor dan isolator siswa kelas VI SDN Cemani 03 Kabupaten Sukoharjo Semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Waktu penelitian selama 5 bulan mulai bulan Januari 2019 sampai Mei 2019. Kegiatan tersebut dibagi dalam  tahapan yaitu tahap ijin penelitian, tahap pelaksanaan dan tahap penyusunan laporan hasil penelitian. Subjek  penelitian adalah seluruh siswa kelas VI Sekolah SDN Cemani  03 Kabupaten Sukoharjo Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 yangberjumlah 37 siswa Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Konduktor dan Isolator pada siswa kelas VI SDN Cemani 03 Kabupaten Sukoharjo melalui penggunaan metode pembelajaran discovery learning. Penelitian Tindakan Kelas ini, menggunakan tiga pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Melalui  pembelajaran discovery learning di duga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa materi konduktor dan isolator siswa kelas VI SDN Cemani 03 Kabupaten Sukoharjo semester 2 tahun pelajaran 2018/2019” terbukti kebenarannya”  Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa, yaitu dari 68 pada kondisi awal meningkat menjadi 79 pada Siklus I dan meningkat kembali menjadi 85 pada siklus II. Sedangkan peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 62% pada kondisi awal meningkat menjadi 81% pada siklus I dan meningkat menjadi 100% pada siklus II.

Kata Kata Kunci: discovery learning, hasil belajar, IP

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharuddin dan Wahyuni, N, (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Dimyati dan Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanafiah Nanang dan cucu Suhada. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Adhitama.

Hisyam, Zaini dkk. (2004). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD

Iskandar.(2001). Pendidikan IPA. Bandung: Maulana.

Jogiyanto. (2006). Pembelajaran Metode Kasus. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Keempat. (2008). Jakarta: Gramedia Pustaka.

Muhibbin Syah. (2000). Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Oemar Hamalik. (2008).Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sri Sulistyorini. (2007). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Semarang: Tiara Wacana

Suyitno. (2002). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suprapti Hariyani. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Metode Eksperimen Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Boyolali pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Pendidikan, volume 28(3), hal: 339-352.

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1), 40-56.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

SuryosubrotoB. (2009). ProsesBelajarMengajardiSekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Taniredja,Tukiran dkk. (2012).Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

hariyono, hariyono. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Konduktor dan Isolator Metode Discovery Learning Siswa Kelas VI SDN Cemani 03 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan, 30(2), 261–172. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1542

Issue

Section

Artikel