Penerapan Pembelajaran Direct Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Ciri Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas III SDN Nguter 01

Authors

  • Kartika Kurniasari Sasmoko SD Negeri Nguter 01

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1548

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Nguter 01 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas III SDN Nguter 01, Sukoharjo Semester I tahun pelajaran 2019/2020 melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif DI. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 4 alur  kegiatan, meliputi tahap  kegiatan perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap tindakan, pengamatan, dan yang terakhir adalah tahap refleksi. Lembar instrumen yang digunakan adalah perangkat tes,dan  lembar observasi, yang digunakan untuk mengamati aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model Pembelajaran Kooperatif DI dapat meningkatkan dapat meningkatkan hasil belajar IPA Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas III SDN Nguter 01 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 12,5 dan peningkatan ketuntasan sebesar 35% dari kondisi awal sampai pada akhir siklus II

 Kata Kata Kunci: direct instruction, hasil belajar, IPA

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Revisi.

Avikasari. (2015). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Direct Instruction (DI) Dengan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas V SDN Gunungpati 02 Semarang. Jurnal Theory Intro Practice.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Edo Dwi Cahyono. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Penelitian Ilmiah, volume 3(1), hal: 10-20.

Garnawati Siregar (2016). Penggunaan Direct Instruction Model Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Tumbuhan Dan Fungsinya Siswa Kelas IV A SDN 015 Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Jurnal Primary, volume 5(1), hal: 30-40.

Hamalik, Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

_______________. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Sardiman. (2010).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Siti Munawaroh. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Direct Instruction Pada Siswa Kelas IV B SD Negeri 2 Babakanreuma. Pedagogi: Jurnal Pendidikan, volume 4(1), hal: 50-60.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka. Cipta.

Suprapti Hariyani. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Metode Eksperimen Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Boyolali pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Pendidikan, volume 28(3), hal: 339-352.

Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sutikno. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica Lombo.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Wahidmurni, Alifin Mustikawan, dan Ali Ridho. (2010). Evaluasi Pembelajaran:

Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera.

Wiriaatmadja, R. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan

Kerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

Sasmoko, K. K. (2021). Penerapan Pembelajaran Direct Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Ciri Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas III SDN Nguter 01. Jurnal Pendidikan, 30(2), 273–282. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1548

Issue

Section

Artikel