Penerapan Pembelajaran Direct Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Ciri Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas III SDN Nguter 01
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1548Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Nguter 01 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas III SDN Nguter 01, Sukoharjo Semester I tahun pelajaran 2019/2020 melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif DI. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 4 alur kegiatan, meliputi tahap kegiatan perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap tindakan, pengamatan, dan yang terakhir adalah tahap refleksi. Lembar instrumen yang digunakan adalah perangkat tes,dan lembar observasi, yang digunakan untuk mengamati aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model Pembelajaran Kooperatif DI dapat meningkatkan dapat meningkatkan hasil belajar IPA Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas III SDN Nguter 01 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 12,5 dan peningkatan ketuntasan sebesar 35% dari kondisi awal sampai pada akhir siklus II
Kata Kata Kunci: direct instruction, hasil belajar, IPA
Downloads
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Revisi.
Avikasari. (2015). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Direct Instruction (DI) Dengan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas V SDN Gunungpati 02 Semarang. Jurnal Theory Intro Practice.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Edo Dwi Cahyono. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Penelitian Ilmiah, volume 3(1), hal: 10-20.
Garnawati Siregar (2016). Penggunaan Direct Instruction Model Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Tumbuhan Dan Fungsinya Siswa Kelas IV A SDN 015 Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Jurnal Primary, volume 5(1), hal: 30-40.
Hamalik, Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
_______________. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Sardiman. (2010).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.
Siti Munawaroh. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Direct Instruction Pada Siswa Kelas IV B SD Negeri 2 Babakanreuma. Pedagogi: Jurnal Pendidikan, volume 4(1), hal: 50-60.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka. Cipta.
Suprapti Hariyani. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Metode Eksperimen Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Boyolali pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Pendidikan, volume 28(3), hal: 339-352.
Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sutikno. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica Lombo.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Wahidmurni, Alifin Mustikawan, dan Ali Ridho. (2010). Evaluasi Pembelajaran:
Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera.
Wiriaatmadja, R. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan
Kerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.