Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Gemolong
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1549Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa melalui penggunaan media audio visual dan dengan penerapan Media Audio Visual untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Gemolong. Penelitian iniadalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua .siklus dengan dua pertemuan yang terdiri dari perencanaan, tindakan pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Gemolong pada semester I tahun pelajaran 2018–2019. Sumber data diperoleh dari guru, peserta didik, tempat, dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran dan dokumentasi. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi, kuesoner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan tingkat kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa. Rata-rata skor teks eksplanasi siswa skor teks adalah 74,611 dengan tingkat keberhasilan 69,23%. Pada periode penjelasan teks akhir siswa rata-rata skor adalah 84,42 dengan tingkat keberhasilan 88,46%. Kata, media audio visual. Berdasarkan hasil observasi kinerja guru juga mengalami peningkatan sehingga hal tersebut mempengaruhi kemampuan menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Gemolong. Berdasarkan fhasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan Media Audio Visual dapat meningkatkan motivasi menulis teks eksplanasi peserta didik Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri Gemolong Tahun Pelajaran 2018-2019.
Kata-kata Kunci: keterampilan menulis, teks eksplanasi
Downloads
References
Effendy,O.U. (2008). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Erric
Gould, Robert D. Yanni, dan William Smith. (1989). Teaching by Principls. San Fraancisco: State University.
Gagne dan Briggs. (1975). Instruktional Technology. Foundations. Hillsddale: Lawrence Erlmaun Assciates, Pubilshe
Giyono. (2019). Penerapan Metode Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Menganalisis teks Negosiasi Peserta Didik Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Gemolong 2018/2019. Jurnal Pendidikan, volume 28(1), hal: 1 – 6.
Jumadi. (2018). Peningkatan Keaktifan dan Kemampuan Menulis Teks Anekdot dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan, volume 27(3), hal: 201-210.
Muhsidi, (2015). Penggunaan CD Modul Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Materi Jurnal Khusus pada Perusahaan Dagang bagi Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri Klego Semester I Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan, volume 24(1), hal: 25-38.
Priyatni, E.T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmawati, Rini. (2019). Metode Numbered Heads Together (NHT) dengan Menggunakan media Puzzle untuk meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa SMP MTA Gemolong. Jurnal Pendidikan, volume 28(1), hal: 17-30.
Sanjaaya,W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana dan Rivai. (1992). Media Pengajaran. Bandung: C.V. Sinar Baru Bandung.
Sumardi. (2020). Apakah Melalui Media Audio Visual dan Metode STAD (Student sTeams Achievement Division) dapat meningkatkan Motivasi dan Hasil belajar Bahasa Inggris (Knoledge and Writing Skill) Teks Recount Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gemolong Kabupaten Sragen Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan, volume 29(1), hal: 21-36.
Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1), 40-56.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.