Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Gemolong

Authors

  • Jumadi Jumadi SMA Negeri 1 Gemolong

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1549

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa melalui penggunaan media audio visual dan dengan penerapan Media Audio Visual untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Gemolong.  Penelitian iniadalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua .siklus dengan dua pertemuan yang terdiri dari perencanaan, tindakan pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Gemolong pada semester I tahun pelajaran 2018–2019. Sumber data diperoleh dari guru, peserta didik, tempat, dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran dan dokumentasi. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi, kuesoner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan tingkat kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa. Rata-rata skor teks eksplanasi siswa skor teks adalah 74,611 dengan tingkat keberhasilan 69,23%. Pada periode penjelasan teks akhir siswa rata-rata skor adalah 84,42 dengan tingkat keberhasilan 88,46%. Kata, media audio visual. Berdasarkan hasil observasi kinerja guru juga mengalami peningkatan sehingga hal tersebut mempengaruhi kemampuan menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Gemolong. Berdasarkan fhasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan Media Audio Visual dapat meningkatkan motivasi menulis teks eksplanasi peserta didik Kelas XI MIPA 1  SMA Negeri Gemolong Tahun Pelajaran 2018-2019.

 Kata-kata Kunci: keterampilan menulis, teks eksplanasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Effendy,O.U. (2008). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Erric

Gould, Robert D. Yanni, dan William Smith. (1989). Teaching by Principls. San Fraancisco: State University.

Gagne dan Briggs. (1975). Instruktional Technology. Foundations. Hillsddale: Lawrence Erlmaun Assciates, Pubilshe

Giyono. (2019). Penerapan Metode Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Menganalisis teks Negosiasi Peserta Didik Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Gemolong 2018/2019. Jurnal Pendidikan, volume 28(1), hal: 1 – 6.

Jumadi. (2018). Peningkatan Keaktifan dan Kemampuan Menulis Teks Anekdot dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan, volume 27(3), hal: 201-210.

Muhsidi, (2015). Penggunaan CD Modul Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Materi Jurnal Khusus pada Perusahaan Dagang bagi Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri Klego Semester I Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan, volume 24(1), hal: 25-38.

Priyatni, E.T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmawati, Rini. (2019). Metode Numbered Heads Together (NHT) dengan Menggunakan media Puzzle untuk meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa SMP MTA Gemolong. Jurnal Pendidikan, volume 28(1), hal: 17-30.

Sanjaaya,W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana dan Rivai. (1992). Media Pengajaran. Bandung: C.V. Sinar Baru Bandung.

Sumardi. (2020). Apakah Melalui Media Audio Visual dan Metode STAD (Student sTeams Achievement Division) dapat meningkatkan Motivasi dan Hasil belajar Bahasa Inggris (Knoledge and Writing Skill) Teks Recount Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gemolong Kabupaten Sragen Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan, volume 29(1), hal: 21-36.

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1), 40-56.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

Jumadi, J. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Gemolong. Jurnal Pendidikan, 30(2), 341–352. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1549

Issue

Section

Artikel