Studi Komparasi Pembelajaran Daring dan Pembelajaran Tatap Muka Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Hasna Nur Azizah Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Afif Afghohani Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.2119

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan motivasi belajar melalui Pembelajaran Daring dan Pembelajaran Tatap Muka. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMA Negeri 1 Polokarto Sukoharjo pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah uji independent t – test dengan = 5%. Hasil analisis data diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,025 yang lebih kecil dari nilai alpha 0,05 atau (sig.) < 0,05, maka dapat   ditolak dan  diterima. Itu berarti perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMA Negeri 1 Polokarto pada pembelajaran berani dan pembelajaran tatap muka. Adapun tingkat perbedaannya dapat dilihat dari perolehan rata-rata motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring sebesar 73.20 sedangkan perolehan rata-rata motivasi pada pembelajaran tatap muka sebesar 78.50. Kesimpulan yang dapat diambil adalah motivasi belajar siswa pada pembelajaran berani lebih kecil dibandingkan dengan motivasi pembelajaran tatap muka.

Kata-kata Kunci : motivasi belajar, pembelajaran tatap muka, pembelajaran berani

References

Amat Jaedun. (2011). Metodologi Penelitian Eksperimen. 20 – 23 Juni 2011

Anitah, Sri dkk. 2011. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta:Universitas Terbuka

Danar Vreedy Frans, “Hubungan Antara Motivasi Belajar Intrinsik Dan Ekstrinsik Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Ma’arif 1 Wates,”2012,56.

Ekantini, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP. 5, 7.

Frandsen, N. Arden. “How Children Learn: An Educational Psycology,”89. New York: McGraw-Hill Book Company, 1957.

Gowing, Marilyn K.”Measurement of Individual Emotional Competence,”88. San Francisco: Jossey-Bass, 2001.

Hamdani.2011.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamdu Ghullam dan Agustin Lisa, “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar,”Jurnal Penelitian 12, no 1(2011):18.

Kartika, A. (2018). Model Pembelajaran Daring. Journal of Early Childhood Care & Education, 27.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan

Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 03, 102.

Sugiyono.(2011).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 01/KB/2020, Nomor 516 Tahun 2020, Nomor HK.03.01/Menkes/363/2020, Nomor 440-882 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19

Triton. 2006. Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta :Andi

Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudi, A & Yulianti.(2021).Studi Komparasi Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring dan Luring di UPT SDN X Gresik.Jurnal Basicedu,Volume 5 (5), 4292-4298. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1555. Diakses pada tanggal 25 Desember 2021

Downloads

Published

2022-03-26

How to Cite

Azizah, H. N., & Afghohani, A. (2022). Studi Komparasi Pembelajaran Daring dan Pembelajaran Tatap Muka Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 31(1), 75–82. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.2119

Issue

Section

Artikel