Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Media Google Classroom

Authors

  • Farida Kusumaningrum Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Salzabela - Agustina Univet Bantara Sukoharjo
  • Afif Afghohani Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1079

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran daring dengan menggunakan media Google Classroom. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Polokarto Sukoharjo pada semester ganjil tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pembelajaran daring dengan Google Classroom. Hasil penelitian ini adalah Rata-rata Keaktifan siswa pada Prasiklus sebesar 41,76%, pada siklus I sebesar 50,58% dan pada siklus II sebesar 65,29%. Pada siklus II indikator kinerja sudah terlampaui, maka penelitian ini berhenti pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran daring dengan Google Classroom dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Kata-kata Kunci: keaktifan siswa, media Google Classroom, pembelajaran daring

 

Author Biographies

Farida Kusumaningrum, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Mahasiswa Pendidilkan Matematika - Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Salzabela - Agustina, Univet Bantara Sukoharjo

Mahasiswa Pendidilkan Matematika - Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Afif Afghohani, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Dosen Pendidilkan Matematika - Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

References

Anonim. (2020). https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-google-classroom-fitur-fungsi-dan-keunggulannya. Diakses pada tanggal 24 November 2020.

Darmawan, Yuda. (2019). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas X SMA Jurusan IPS. http://eprints.ums.ac.id/76921/12/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf. Diakses pada tanggal 23 Januari 2021.

Hakim, A. B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle , Google Classroom Dan Edmodo. Stimik Esq, 2(1–4), 1–6.

Jalil, Jasman. (2014). Panduan Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Karli & Sriyuliariatiningsih. (2004). Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Model-Model Pembelajaran. Bandung: Bina Media.

Mulyasa. (2004). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sudijono, Anas. (2005). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suyahman. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Pramuka di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, volume 29(2), Juli 2020, hal: 169-176. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/803/603

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Downloads

Published

2021-03-01

How to Cite

Kusumaningrum, F., Agustina, S. .-., & Afghohani, A. (2021). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Media Google Classroom. Jurnal Pendidikan, 30(1), 59–66. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1079

Issue

Section

Artikel