Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018

Authors

  • Rilo Pambudi Alumni Univet Bantara Sukoharjo
  • Afif Afghohani FKIP Univet Bantara Sukoharjo
  • Isna Farahsanti FKIP Univet Bantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v28i2.345

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh media video youtube terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sederhana. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 636 siswa dan 18 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara cluster random sampling subyek penelitian terdiri 2 kelas yaitu kelas X TPMI B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran media video youtube dengan jumlah 35 siswa dan kelas X TPMI C sebagai kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran papan tulis dengan jumlah 35 siswa, materi pembahasan dalam penelitian ini adalah trigonometri. Dalam penelitian didapatkan hasil bahwa kelas yang menggunakan media video youtube ada pengaruh terhadap prestasi belajar matematika dibandingan kelas yang menggunakan media pembelajaran papan tulis. Dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test yang diolah dengan aplikasi Excel. Dari perhitungan diperoleh ttabel = 1,668, thitung =1,948 karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dengan taraf signifikan 5%, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh media pembelajaran video youtube terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Budiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian (Edisi 2).Surakarta: UNS Pres. Darmawan, D. (2014). Pembelajaran E-Learning Teori Dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Iwantara, W, dkk. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. e-jurnal program pascasarjana universitas pendidikan ganesah program studi IPA Volume 4 Nomor 1 tahun 2014. http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/ index.php/jurnal_ipa/article/download/1081/829. (diakses 20 Desember 2017). Kurniawan, T, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Se- Kecamatan Gedangsari Gunungkidul Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Ke-SD-a Volume 3 Nomor 1 Tahun 2016. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/ article/download/739/742. (diakses 20 Desember 2017). Sundayana, R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta CV. Wibawanto, W. (2017). Desain dan pembelajaran multimedia pembelajaran interaktif. Jamber: Cerdas Ulet Kreatif.

Downloads

Published

2019-08-28

How to Cite

Pambudi, R., Afghohani, A., & Farahsanti, I. (2019). Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan, 28(2), 175–182. https://doi.org/10.32585/jp.v28i2.345

Issue

Section

Artikel