Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Pokok Bahasan Trigonometri Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Nguter Tahun Ajaran 2017/2018

Authors

  • Mifta Khul Kasanah Alumni Univet Bantara Sukoharjo
  • Afif Afghohani FKIP Univet Bantara Sukoharjo
  • Andhika Ayu Wulandari FKIP Univet Bantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v28i2.344

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipeNumbered Heads Together terhadap prestasi belajar matematika siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Nguter Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sederhana.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Nguter Sukoharjo dengan jumlah 257 siswa. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas sebagai sampel yaitu X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 1 sebagai kelas kontrol.Pada pengujian hipotesis menggunakn uji t, diperoleh hasil thitung = 4,618 > ttabel = 2,296, dengan maka H0 ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap prestasi belajar matematika siswa pokok bahasan triginometri kelas X SMA Negeri 1 Nguter Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Surakarta : UNS Press. Febriany, Diny Dwi., Siswandari., Elvia Ivada. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Belajar Akutansi. “Jurnal Pendidikan UNS”. Vol 1, No 2, Hal 1 s/d 11, Juni 2013. Ngalimun. (2017). Strategi Pendidikan. Yogyakarta : Parama Ilmu. Pradana, Pascalian Hadi. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT & STAD Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. “Jurnal Gammath”. Vol. 1, No. 2, September 2016. Sharan, Shlomo. (2014). The Handbook of Cooperative Learning. Yogyakarta : Istana Media. Shoimin, Arif. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media Soehardjo.(2001). Statistik Terapan Korelasi dan Regresi.Surakarta : Depertemen Pendidikan Nasional Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suhra, Sarifa. (2016). Aspek Gender dalam Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). “Jurnal An-Nisa’”. Volume IX Nomor 1, Juni 2016. Sundayana, Rostina. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandumg : Alfabeta. Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implimentasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana.

Downloads

Published

2019-08-28

How to Cite

Kasanah, M. K., Afghohani, A., & Wulandari, A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Pokok Bahasan Trigonometri Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Nguter Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan, 28(2), 169–174. https://doi.org/10.32585/jp.v28i2.344

Issue

Section

Artikel