Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Ilham Nasucha Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Afif Afghohani Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Isna Farahsanti Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i3.4604

Keywords:

waktu belajar, minat belajar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang mengikuti waktu pembelajaran pagi hari dengan siswa yang mengikuti pembelajaran siang hari, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika dilihat dari tingkat minat belajar siswa, dan (3) mengetahui interaksi antara waktu pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar Matematika. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 81 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 56 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan angket. Berdasarkan analisis diperoleh hasil (1) FhA = 3,859 > Ft = 3,165 sehingga H0A ditolak yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar Matematika yang signifikan antara siswa yang mengikuti waktu pembelajaran pagi hari dan siswa yang mengikuti waktu pembelajaran siang hari, (2) FhB = 30,63 > Ft = 3,165 sehingga H0B ditolak yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar Matematika yang signifikan berdasarkan tingkat minat belajar siswa, (3) FhAB = 2,753 < Ft = 3,165 sehingga H0AB diterima yang berarti tidak terdapat interaksi antara waktu pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa, hal ini dikarenakan terdapat faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa seperti strategi dan metode yang digunakan saat pembelajaran berlangsung.

Author Biographies

Ilham Nasucha, Universitas Veteran Bangun Nusantara

Penulis Pertama

Afif Afghohani, Universitas Veteran Bangun Nusantara

Pendidikan Matematika FKIP

Isna Farahsanti, Universitas Veteran Bangun Nusantara

Penulis Ketiga

References

Abrar, A, dan Ika Prasasti. 2018. “Jenis-Jenis Belajar Matematika.” Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 3 (1): 51–62. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i1.218.

Bilda, W. 2016. “Pendidikan karakter terencana melalui pembelajaran matematika.”

AlphaMath: Journal of Mathematics Education 1 (2): 13–21.

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema Journal, 1(1), 31–39. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/352.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). PEDAGOGIK ILMU PENGETAHUAN ALAM. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nasucha, I., Afghohani, A., & Farahsanti, I. (2023). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan, 32(3), 443–452. https://doi.org/10.32585/jp.v32i3.4604

Issue

Section

Artikel