Merdeka Belajar dalam Perspektif Eksistensialisme Jean Paul Sartre

Authors

  • isnaini maratus sholihah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Farid Muhammad
  • Endang Fauziati

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3238

Abstract

Merdeka Belajar merupakan program yang dibuat oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim yang bertujuan untuk mengoptimalkan seluruh kemampuan siswa dan menghasilkan siswa yang mampu berkompetisi dalam dunia global. Konsep merdeka belejar ini tercantum dalam penerapan kurikulum merdeka yang dilaksanakan mulai tahun 2020 di beberapa sekolah dan tahun 2022 hampir di sekolah seluruh Indonesia. Untuk itu perlu kajian dari berbagai prespektif tentang penerapan merdeka belajar ini. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif berbasis library research. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa  merdeka belajar yang di terapkan oleh menteri pendidikan sejalan dengan konsep pendidikan eksistensialiseme yang dikemukakan oleh Jean Paul Sartre. Pada Hakikatnya siswa adalah manusia yang memiliki kesadaran penuh akan dirinya dan megetahui kemampuan dirinya, sehingga untuk mengoptimalkan potensinya, siswa memerlukan kebebasan dalam menentukan cara belajar dan cara memperoleh pengetahuan. Guru berberan aktif sebagai fasilitator untuk siswa dalam mengembangkan potensinya, dengan cara demikian sehingga akan tercipta suasana saling mendukung dalam pembelajaran, menciptakan kebahagiaan dalam belajar dan siswa menjadi eksis karena prestasi-prestasi dari potensinya yang terus berkembang.

Author Biography

isnaini maratus sholihah, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Megister Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta

References

Anggraini, A. I., Suwarto, S., & Iskandar, D. (2020). Analisis aktivitas pembelajaran biologi pada google classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 6(2), 168-174.

Budiwati,Rini . (2022). Merdeka belajar dalam Perspektif Ki Hadjar Dewantara. Elementa: Jurnal Pgsd Stkip Pgri Banjarmasin. Vol. 4, No. 1,15- 24

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Farah. (2019). Sejarah Perkembangan Kurikulum Di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini. As-Salam I. Vol. VIII No 1 hal 43-64

Hakim, Lukmanul,Dkk. (2022). Ontologi Pendidikan Di Era Globalisasi Berdasarkan Pandangan Eksistensialisme Jean Paul Sartre. Elementa.Jurnal Pgsd Stkip Pgri Banjarmasin,4(1), 9-14

Kemendikbud.go.id. (2019, 11 Desember).. Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar”. Diakses pada 14 Desember 2022, dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/mendikbud-tetapkan-empat-pokok-kebijakan-pendidikan-merdeka-belajar

Kemendikbud.go.id. (2022, 11 Februari). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban untuk Atasi Krisis Pembelajaran. Diakses pada 14 Desember 2022, dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdeka-jadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran

Purnamasari, Elvira. (2017). Kebebasan Manusia Dalam Filsafat Eksistensialisme (Studi Komparasi)Pemikiran Muhammad Iqbal Dan Jean Paul Sartre. Jurnal Manthiq,2 (2), 119-132

Marisyah, A., Firman, F., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA TENTANG PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1514–1519. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V3I3.395

Rosyidi, Unifah, & PGRI, KUPB. (2020). Merdeka Belajar: Aplikasinya Dalam Manajemen Pendidikan & Pembelajaran di Sekolah. Modul Seminar Nasional “Merdeka Belajar: Dalam Mencapai Indonesia Maju, 2045.

Rukiyati. (2009).Pemikiran Pendidkan Menurut Eksistensialisme Fondasia,9(1), 92-105

Sari, Milya, & Asmendri, Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.

Siregar, Mhmudin. (2015). Filsafat Eksistensialisme Jean-Paul Sartre. Yurisprudentia ,1(2), 30-46

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabeta

Sumanto. (2014). Teori dan Metode Penelitian. CAPS (Center of Academic Publishing Service): Yogyakarta

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).

Suwarto, S. (2010). Pengembangan the two-tier diagnostic tes pada bidang biologi secara terkomputersisasi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif dalam pendidikan. Widyatama, 19(1).

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2014). Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. WIDYATAMA, 20(1).

Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan media youtube sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media penelitian pendidikan: jurnal penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran, 15(1), 26-30.

Suwarto, S., Rohmatin, N., & Yamsih, S. (2021). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi pada siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 7(1), 38-46.

Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Tambunan, Sihol Farida. (2016). Kebebasan Individu Manusia Abad Dua Puluh Filsafat Eksistensialisme Sartre. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 18(2), 215-231

Wulandari,Wiwin. (2022). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Pendidikan Yang Membebaskan Paulo Freire. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 7, No. 3, 2036-2048

Yunus, M.Firdaus. (2011). Kebebasan Dalam Filsafat Eksistensialisme Jean Paul Sartre. Jurnal Al- Ulum, 11 (2), 267-282

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

sholihah, isnaini maratus, Muhammad, F., & Fauziati, E. (2023). Merdeka Belajar dalam Perspektif Eksistensialisme Jean Paul Sartre. Jurnal Pendidikan, 32(1), 11–18. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3238

Issue

Section

Artikel