Kajian Filsafat Pendidikan Perenialisme : Studi Pemikiran Robert Maynard Hutchins dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Authors

  • Taufik Nurrochman Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Endang Fauziati Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3342

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemikiran Robert Maynard Hutchins tentang pendidikan karakter di sekolah dasar dalam perspektif perenialisme. Penelitian ini dapat membantu pendidik mengajarkan pendidikan karakter menggunakan filsafat perenialisme sebagai hal penting dalam perkembangan karakter anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Filsafat perenialisme memiliki pemikiran tentang bagaimana manusia harus beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan dunia. Pendidikan karakter melalui pendekatan filsafat perenialisme menekankan bagaimana manusia berperilaku sesuai dengan nilai-nilai baik yang ada pada dirinya, pendidikan karakter sangat tepat jika dimulai dari jenjang pendidikan sekolah dasar dimana pendidikan sekolah dasar merupakan landasan bagi pendidikan selanjutnya. Perenialisme dalam pendidikan karakter lahir sebagai reaksi dan solusi terhadap krisis kebudayaan dalam kehidupan modern. Filsafat perenialisme mengedepankan jalan mundur ke masa lampau, yakni mengembalikan nilai dan prinsip yang telah menjadi pandangan hidup yang kukuh pada zaman dahulu. Pengembalian nilai dan prinsip hidup tersebut dapat ditempuh melalui pendidikan karakter. Dalam rangka menyiapkan generasi mendatang yang tidak kehilangan jati dirinya sebagai bangsa Indonesia. Substansi filsafat Perenialisme adalah salah satu alternatif yang harus diterapkan dalam pendidikan karakter di sekolah dasar. 

References

Anggraini, A. I., Suwarto, S., & Iskandar, D. (2020). Analisis aktivitas pembelajaran biologi pada google classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 6(2), 168-174.

Ahmadi, R. (2014). Pengantar Pendidikan Asas & Filsafat Pendidikan. In Ar-Ruz Media.

Hutchins, & M., R. (1950). The Idea of a College. Retrieved 2022-09-19. http://www.ditext.com/hutchins/1950.html

Kaderi, & Alwi, M. (2017). Perenialisme di Era Globalisasi. Jurnal Tarbiyah (Jurnal Ilmiah Kependidikan), 6(1), 59–74.

Mahendra, & Yasinta. (2019). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN).

McNeill, & H, W. (1991). Hutchins’ University: A Memoir of the University of Chicago,1929–1950. The University of Chicago Press.

Nursalim, Eko, & Khojir. (2021). Aliran Perenialisme dan Implementasinya dalam Pendidikan Islam. Cross-Border, 4(2), 673–684.

Nuryamin. (2019). Implementasi Filsafat Parenial dalam Pembelajaran. Jurnal Aqidah-Ta, V(1), 49–61.

Prabandari, & Siwi, A. (2020). Impelementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 68–71.

Putri, & Palupi, D. (2018). Pendidikan Karakter pada anak sekolah dasar. Ar.Riayah Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1).

Samani, Muchlas, & Hariyanto. (2014). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya.

Sisdiknas. (2003). Undang-Undang No 20 Tahun 2003. In Depdiknas.

Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Universitas Sebelas Maret.

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).

Suwarto, S. (2010). Pengembangan the two-tier diagnostic tes pada bidang biologi secara terkomputersisasi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif dalam pendidikan. Widyatama, 19(1).

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2014). Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. WIDYATAMA, 20(1).

Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan media youtube sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media penelitian pendidikan: jurnal penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran, 15(1), 26-30.

Suwarto, S., Rohmatin, N., & Yamsih, S. (2021). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi pada siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 7(1), 38-46.

Suwarto, S., Wahyuni, S., & Yamsih, S. (2021). Persepsi Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Tawangsari terhadap Metode Pembelajaran Berbasis Online dimasa Pandemi. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 20-25.

Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). PEDAGOGIK ILMU PENGETAHUAN ALAM. Penerbit Lakeisha.

Yasyakur, M., Sirojuddin, K., Wartono, & Julmanan, A. (2021). Perenialisme Dalam Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1).

Yati, Yuni, & Endang. (2022). pendidikan karakter di sekolah dasar dalam pandangan filsafat perenialisme Thomas Aquinas. Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 1(3), 32–38.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Nurrochman, T., & Fauziati, E. (2023). Kajian Filsafat Pendidikan Perenialisme : Studi Pemikiran Robert Maynard Hutchins dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 32(1), 53–62. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3342

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)