Hubungan Penerapan Media Kahoot Dengan Minat Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X SMKN 3 Pontianak

Authors

  • Risma Handayani Universitas Tanjungpura
  • Ika Rahmatika Chalimi Universitas Tanjungpura
  • Astrini Eka Putri Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4776

Keywords:

Hubungan, Media Kahoot, Minatl Belajar

Abstract

Tujuan penelitian inil adalah guna mengetahui apakahl terdapat hubunganl media kahoot dengan minatl belajar pesertal didik. Penelitianl ini dilaksanakanl dengan menggunakanl metode lkuantitatif. Populasi padal penelitian inil adalah peserta didik kelas X SMKN 3 Pontianak. Terdapat 2 sampel pada penelitian, yakni kelasl eksperimen danl kelas kontroll yang diambill dengan teknikl Probability Sampling Jenis Cluster Sampling (Area Sampling). Data penelitianl diperoleh melalui angket, observasi serta dokumentasi. Analisis dari perolehan data penelitianl menggunakan Ujil Korelasi Pearsonl Product lMoment. Hasil dari penelitianl menunjukan (1) Penerapan media kahoot dalam pembelajaran sejarah kelas X SMKN 3 Pontianak di kelas Eksperimen yaitu X BDP 2. (2) Berdasarkan perhitungan persentase angket minat belajarl sejarah peserta didikl dikelas eksperimen menggunakan medial kahoot pada indikator perhatian sangat setuju yaitu 61.54%, Indikator perasaan senang yaitu 69.02%, Indikator Ketertarikan yaitu 62.61%. Dapat disimpulakan bahwa minat belajar sejarah peserta didik pada pembelajaran sejarah dikategorikan baik.  (3) Terdapat hubungan penerapan media kahoot denganl minat belajarl peserta didikl dan telah di hitung menggunakan SPSS 29 dengan hasill uji hipotesisl menggunakan Ujil Korelasi Pearsonl diperoleh sikap signifikansi (sig.2 ltailed) 0,001 < l0,05. Maka diartikan bahwa penerapan media kahoot terdapat hubungan dengan minatl belajar pesertal didik.

References

Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Ombak.

Arifin, F. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Di Stiabi Riyadul ’Ulum. Prosiding Seminar Nasional Ahlimedia, 1(1), 8–18. https://doi.org/10.47387/sena.v1i1.33

Elsa, D., Aminuyati, A., & Putri, A. E. (2022). Pengaruh Kahoot! Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Xi Ips Pelajaran Sejarah Sman 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(6), 10. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i6.54857

Fadlila, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Power Point Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Smk Muhammadiyah 1 …. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/441%0Ahttp://repository.radenintan.ac.id/441/1/SKRIPSI_DILA_LENGKAP.pdf

Hernadi, E. (2021). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XII IPS 1 SMAN 1 Cikijing Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbasis Masalah. Bihari: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 4(1), 1–12.

Kochar, S. . (2008). Teaching of History. Gramedis.

Komalasari, F. (2012). Minat siswa dalam pembelajaran sejarah di sma kartika xix 5 kota cirebon. 1–110.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Rusman. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Informasi. PT. Raja Grafindo Persada.

Seftiani, I. (2019). Alat Evaluasi Pembelajaran Interaktif Kahoot pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 1(1), 284–291. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10342/5184

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Alfabeta.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). PEDAGOGIK ILMU PENGETAHUAN ALAM. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Wigati, S. (2019). Penggunaan Media Game Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 457–464. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2445

Yulia Puspaningrum, E. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Anak Berbasis Game (Vol. 1, Issue 1). https://kahoot.com/

Downloads

Published

2024-03-12

How to Cite

Handayani, R., Rahmatika Chalimi, I., & Eka Putri, A. (2024). Hubungan Penerapan Media Kahoot Dengan Minat Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X SMKN 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan, 33(1), 453–462. https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4776

Issue

Section

Artikel