Korelasi Motivasi Membaca dan Menyimak Bacaan Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tangen

Authors

  • Mukti Widayati Dosen Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • S Suwarto Dosen Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Khusnul Chotimah Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.487

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi yang positif dan signifikan motivasi membaca terhadap ketrampilan menulis cerita fantasi, mengetahui ada tidaknya korelasi yang positif dan signifikan menyimak bacaan terhadap ketrampilan menulis cerita fantasi dan mengetahui secara bersama-sama korelasi motivasi membaca dan  menyimak bacaan terhadap ketrampilan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tangen, Sragen, Jawa Tengah. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 2 Tangen, Sragen, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tangen, Sragen, Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 140 siswa. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling (area sampling) yang berjumlah 30 Siswa. Penelitian ini terdapat 3 variabel yaitu dua variabel bebas dan satu variable terikat. Variabel bebas: motivasi membaca dan menyimak bacaan. Variable terikat: ketrampilan menulis cerita fantasi. Pengumpulan data menggunakan angket untuk data variabel motivasi membaca, tes objektif untuk menyimak bacaan, dan tes uraian untuk data ketrampilan menulis cerita. Tehnik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi berganda. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara motivasi membaca bacaan dan  menyimak bacaan dengan keterampilan menulis cerita fantasi dengan persamaan Y=86,302+0,009X1+0,081X2. Hasil analisis data penelitian menyimpulkan: (1) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan motivasi membaca terhadap ketrampilan menulis cerita fantasi pada Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tangen. (2) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan menyimak bacaan terhadap ketrampilan menulis cerita fantasi pada Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tangen. (3) Ada Korelasi motivasi membaca dan  menyimak bacaan terhadap ketrampilan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tangen, Sragen. abatan / komunikatif.

References

Hamzah ,B.Uno. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Mulyati.Y, dkk. (2008). Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka

Musfiroh, T & Rahayu, D. H. (2004). Menyimak Komprehensif dan Kritis. Yogyakarta: UNY.

Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Nurjamal, dkk. (2011). Terampil Berbahasa: Menyusun Karya Tulis Akademik,

Memandu Acara (MC-Moderator), dan Menulis Surat. Bandung: Alfabeta.

Pintamtiyastirin. (1984). Menyimak dan Pengajarannya. Diktat Perkuliahan IKIP Yogyakarta. Perkuliahan.

Pujiono, S. (2013). Terampil Menulis: Cara Mudah dan Praktis dalam Menulis. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Suwarto. (2011). Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. Jurnal Widyatama, Volume 20 No 1 Tahun 2011. Hal 69-78

Suwarto. (2013).Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran.Yogyakarta : Pustaka Pelajar Cetakan I

Suwarto. (2016). Pengembangan Tes Biologi Kelas 7 Semester Gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol.17, No1, Februari 2016: Hal 1-8

Suwarto. (2018). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan. D. Drs. Dkk.. (2006). Materi Pokok Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta Univeritas Terbuka

Downloads

Published

2020-01-05

How to Cite

Widayati, M., Suwarto, S., & Chotimah, K. (2020). Korelasi Motivasi Membaca dan Menyimak Bacaan Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tangen. Jurnal Pendidikan, 28(3), 265–272. https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.487

Issue

Section

Artikel