Hubungan Kebiasaan Menyimak Berita dan Membaca Berita Dengan Kemampuan Menulis Berita di Media Blog Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2018/ 2019

Authors

  • Mukti Widayati Dosen Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • S Suwarto Dosen Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Nurul Fajarwati Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.488

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada tidaknya hubungan antara kebiasaan menyimak berita dengan menulis berita di media blog siswa Kelas X MA Negeri 1 Sragen, (2). mengetahui ada tidaknya hubungan antara kebiasaan membaca berita dengan menulis berita di media blog siswa Kelas X MA Negeri 1 Sragen dan (3). mengetahui ada tidaknya hubungan antara menyimak berita dan membaca berita dengan menulis berita di media blog pada siswa Kelas X MA Negeri 1 Sragen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MA Negeri 1 Sragen dengan jumlah 420 siswa. Sampel dari penelitian berjumlah 42 siswa yang ditentukan dengan teknik acak. Teknik pengumpulan data kebiasaan menyimak berita menggunakan angket. Uji instrumen dilakukan dengan menggunakan telaah ahli dan analisis Aplha Cronbach. Angket kebiasaan menyimak berita yang berjumlah 30 butir, setelah uji validitas harus di drop 10 butir. Angket kebiasaan membaca berita dengan jumlah 25 butir setelah di uji validitas drop 5. Uji prasyarat menggunakan uji linieritas ganda dan uji homogenitas. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dan korelasi linieritas ganda dengan bantuan SPSS 17. Hasil penelitian: (1). Ada hubungan positif dan signifikan dari kebiasaan menyimak berita dengan kemampuan menulis berita di media blog siswa Kelas X MA Negeri 1 Sragen. (2). Ada hubungan positif antara kebiasaan membaca berita dengan menulis berita di media blog siswa Kelas X MA Negeri 1 Sragen. (3). Ada hubungan antara menyimak berita dan membaca berita dengan menulis berita di media blog pada siswa Kelas X MA Negeri 1 Sragen.

References

Musfiroh, dkk. .(2004). Menyimak Komprehensif dan Kritis. Yogyakarta: UNY.

Nurjamal, dkk. (2011). Terampil Berbahasa: Menyusun Karya Tulis Akademik,

Memandu Acara (MC-Moderator), dan Menulis Surat. Bandung: Alfabeta.

Pintamtiyastirin. (1984). Menyimak dan Pengajarannya. Diktat Perkuliahan IKIP Yogyakarta.

Perkuliahan.

Pujiono, Setyawan. (2013). Terampil Menulis: Cara Mudah dan Praktis dalam

Menulis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Richards, Jack C. (2008). Teaching Listening and Speaking from Theory to

Practice. Avenue of The Americas, New York: Cambridge University Press.

Soedarso. (2010). Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Soedarso. (2004). Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia.

Suwarto. (2011). Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. Jurnal Widyatama. Volume 20 No 1 Tahun 2014. Hal 69-78

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2018). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyatinah. (2005). Peningkatan Keefektifan Pembelajaran Menulis di Kelas II Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan.

Tarigan, Hendri Guntur. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan

Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tabroni, Roni. (2007). Melejitkan Potensi: Mengasah Kreativitas Menulis Artikel. Bandung: Nuansa.

Tampubolon. (1990). Kemampuan Membaca: Teknik membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2020-01-05

How to Cite

Widayati, M., Suwarto, S., & Fajarwati, N. (2020). Hubungan Kebiasaan Menyimak Berita dan Membaca Berita Dengan Kemampuan Menulis Berita di Media Blog Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Jurnal Pendidikan, 28(3), 273–280. https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.488

Issue

Section

Artikel