Korelasi Motivasi Membaca dan Menyimak Bacaan Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tangen
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v28i3.487Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi yang positif dan signifikan motivasi membaca terhadap ketrampilan menulis cerita fantasi, mengetahui ada tidaknya korelasi yang positif dan signifikan menyimak bacaan terhadap ketrampilan menulis cerita fantasi dan mengetahui secara bersama-sama korelasi motivasi membaca dan menyimak bacaan terhadap ketrampilan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tangen, Sragen, Jawa Tengah. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 2 Tangen, Sragen, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tangen, Sragen, Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 140 siswa. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling (area sampling) yang berjumlah 30 Siswa. Penelitian ini terdapat 3 variabel yaitu dua variabel bebas dan satu variable terikat. Variabel bebas: motivasi membaca dan menyimak bacaan. Variable terikat: ketrampilan menulis cerita fantasi. Pengumpulan data menggunakan angket untuk data variabel motivasi membaca, tes objektif untuk menyimak bacaan, dan tes uraian untuk data ketrampilan menulis cerita. Tehnik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi berganda. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara motivasi membaca bacaan dan menyimak bacaan dengan keterampilan menulis cerita fantasi dengan persamaan Y=86,302+0,009X1+0,081X2. Hasil analisis data penelitian menyimpulkan: (1) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan motivasi membaca terhadap ketrampilan menulis cerita fantasi pada Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tangen. (2) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan menyimak bacaan terhadap ketrampilan menulis cerita fantasi pada Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tangen. (3) Ada Korelasi motivasi membaca dan menyimak bacaan terhadap ketrampilan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tangen, Sragen. abatan / komunikatif.Downloads
References
Hamzah ,B.Uno. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Mulyati.Y, dkk. (2008). Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka
Musfiroh, T & Rahayu, D. H. (2004). Menyimak Komprehensif dan Kritis. Yogyakarta: UNY.
Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Nurjamal, dkk. (2011). Terampil Berbahasa: Menyusun Karya Tulis Akademik,
Memandu Acara (MC-Moderator), dan Menulis Surat. Bandung: Alfabeta.
Pintamtiyastirin. (1984). Menyimak dan Pengajarannya. Diktat Perkuliahan IKIP Yogyakarta. Perkuliahan.
Pujiono, S. (2013). Terampil Menulis: Cara Mudah dan Praktis dalam Menulis. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Suwarto. (2011). Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. Jurnal Widyatama, Volume 20 No 1 Tahun 2011. Hal 69-78
Suwarto. (2013).Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran.Yogyakarta : Pustaka Pelajar Cetakan I
Suwarto. (2016). Pengembangan Tes Biologi Kelas 7 Semester Gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol.17, No1, Februari 2016: Hal 1-8
Suwarto. (2018). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan. D. Drs. Dkk.. (2006). Materi Pokok Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta Univeritas Terbuka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.