Pengembangan Gerakan Literasi Sekolah Menggunakan Majalah Dinding dan Binder Antologi Tematik di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v29i1.597Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang program, pelaksanaan, hambatan, solusi dan hasil pengembangan Gerakan Literasi Sekolah menggunakan media Mading Batik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, wawancara, pengamatan, dan Focus Grup Disction (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Program Pengembangan Gerakan Literasi Sekolah dijabarkan menjadi Program Gerakan Literasi Kelas dan dibentuk Tim Literasi Kelas. Pelaksanaannya menggunakan media Majalah dinding dan Binder Antologi Tematik. Beberapa hambatan antara lain : Beberapa anak kurang mahir dalam membaca. Solusi yang ditempuh dengan membacakan cerita, atau dengan membaca bersama-sama, anak mendengarkan dan menyimak. Sarana prasarana lingkungan fisik sekolah yang belum literat. Solusi dengan pengadaan lingkungan fisik yang literat secara bertahap mengunakan bahan dan alat yang sederhana, unik dan harga terjangkau. Belum ada petugas pustakawan, sehingga perpustakaan kurang tertata bahkan cenderung tampak sebagai gudang, jarang dikunjungi. Solusinya dengan pelibatan Tim Literasi Sekolah dan Tim Literasi Kelas untuk menata, merawat, membersihkan, dan melayani peminjaman buku perpustakaan. Kurangnya bahan bacaan berupa buku cerita anak. Solusi dengan meminjam ke perpustakaan desa, pembelian buku cerita bekas, pemanfaatan koran dan majalah, penggunaan buku elektronik dengan ditayangkan melalui LCD Proyektor. Pengadaan Binder Antologi Tematik merupakan salah satu cara menambah bahan bacaan anak yang orisinil dan unik sesuai dengan dunia anak. Dengan Media Mading Batik tercipta lingkungan akademik, fisik, dan sosial afektif yang lebih literat.
Downloads
References
Aini, D. N. (2018). “Pengaruh Budaya Literasi dalam Mengembangkan Kecerdasan Kewarganegaraan.” Biormatika, 4(1), 1-10. Retrieved from ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/download/195/174/
Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Program 6M Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42–52. https://doi.org/10.30870/JPSD.V3I1.1093.G2690
Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah. Dari Pucuk Hingga Akar. https://doi.org/10.1017/S0033291700036606
Atmazaki. (2017). Panduan gerakan literasi nasional. (M. H. Dr. Luh Anik Mayani, Ed.). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. Retrieved from http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads /2017/08/panduan-gln.pdf
Betha Handini Pradana1 , Nurul Fatimah2, T. R. (2017). Pelaksanaan GLSSebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa Di Sma Negeri 4 Magelang, 6(2), 167–179. Retrieved from http://journal.unnes. ac.id/sju/index. php/solidarity
Dewi, A. M. S. (2013). Majalah Dinding Sebagai Implementasi Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Yang Mengikuti Ektrakurikuler Jurnalistik Di SMP N 4 Singaraja. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 1).
Dewi Utama Faizah. (2016). Panduan GLSdi sekolah dasar. (P.P.D.K.L. Pangesti Wiedarti, M.Appl.Ling., Ed.), Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fatimah, S. (2017). Budaya Literasi Melalui Mading Berbantuan Webtoon. Prosiding Seminar Nasional Ii “Pemartabatan Bahasa Indonesia Melalui Budaya Literasi Dan Optimalisasi Ipteks,” 196–203.
Husamah. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran. Buku Ajar. Retrieved from https://www.academia.edu/6481956/Buku_Ajar_Media_Pembelajaran
Nindya Faradina. (2017). Pengaruh program GLSterhadap minat baca siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60–69.
Nugrahani, F. (2014). Penelitian Metode Kualitatif dalam Bidang Pendidikan Bahasa. Penelitian Metode Kuantitatif (2014th ed.). Solo: Cakra Books Solo.
Farida Nugrahani, Mukti Widayati, Ali Imron A.M. (2019) Pengembangan Model Pendidikan Karakter melalui Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Film MPBI Program Pascasarjana Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo PBSI FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
farida.nugrahani01@gmail.com
Pardede, P. (2014). Peran Media Majalah Dinding Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Kartika XIX-2 Bandung. Bahtera Bahasa: Antologi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Tantri, A. A. S., & I Putu Mas Dewantara. (2017). Keefektivan Budaya Literasi Di SD N 3 Banjar Jawa Untuk Meningkatkan Minat Baca. Journal of Education Research and Evaluation.
Wiedarti, P. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.