Pengembangan Gerakan Literasi Sekolah Menggunakan Majalah Dinding dan Binder Antologi Tematik di Sekolah Dasar

Authors

  • S Sadino
  • Farida Nugrahani
  • S Suwarto

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i1.597

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang program, pelaksanaan, hambatan, solusi dan hasil pengembangan Gerakan Literasi Sekolah menggunakan media Mading Batik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, wawancara, pengamatan, dan Focus Grup Disction (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Program Pengembangan Gerakan Literasi Sekolah dijabarkan menjadi Program Gerakan Literasi Kelas dan dibentuk Tim Literasi Kelas. Pelaksanaannya menggunakan media Majalah dinding dan Binder Antologi Tematik. Beberapa hambatan antara lain : Beberapa anak kurang mahir dalam membaca. Solusi yang ditempuh dengan membacakan cerita, atau dengan membaca bersama-sama, anak mendengarkan dan menyimak. Sarana prasarana lingkungan fisik sekolah yang belum literat. Solusi dengan pengadaan lingkungan fisik yang literat secara bertahap mengunakan bahan dan alat yang sederhana, unik dan harga terjangkau. Belum ada petugas pustakawan, sehingga perpustakaan kurang tertata bahkan cenderung tampak sebagai gudang, jarang dikunjungi. Solusinya dengan pelibatan Tim Literasi Sekolah dan Tim Literasi Kelas untuk menata, merawat, membersihkan, dan melayani peminjaman buku perpustakaan. Kurangnya bahan bacaan berupa buku cerita anak. Solusi dengan meminjam ke perpustakaan desa, pembelian buku cerita bekas, pemanfaatan koran dan majalah, penggunaan buku elektronik dengan ditayangkan melalui LCD Proyektor. Pengadaan Binder Antologi Tematik merupakan salah satu cara menambah bahan bacaan anak yang orisinil dan unik sesuai dengan dunia anak. Dengan Media Mading Batik tercipta lingkungan akademik, fisik, dan sosial afektif yang lebih literat. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, D. N. (2018). “Pengaruh Budaya Literasi dalam Mengembangkan Kecerdasan Kewarganegaraan.” Biormatika, 4(1), 1-10. Retrieved from ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/download/195/174/

Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Program 6M Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42–52. https://doi.org/10.30870/JPSD.V3I1.1093.G2690

Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah. Dari Pucuk Hingga Akar. https://doi.org/10.1017/S0033291700036606

Atmazaki. (2017). Panduan gerakan literasi nasional. (M. H. Dr. Luh Anik Mayani, Ed.). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. Retrieved from http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads /2017/08/panduan-gln.pdf

Betha Handini Pradana1 , Nurul Fatimah2, T. R. (2017). Pelaksanaan GLSSebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa Di Sma Negeri 4 Magelang, 6(2), 167–179. Retrieved from http://journal.unnes. ac.id/sju/index. php/solidarity

Dewi, A. M. S. (2013). Majalah Dinding Sebagai Implementasi Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Yang Mengikuti Ektrakurikuler Jurnalistik Di SMP N 4 Singaraja. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 1).

Dewi Utama Faizah. (2016). Panduan GLSdi sekolah dasar. (P.P.D.K.L. Pangesti Wiedarti, M.Appl.Ling., Ed.), Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fatimah, S. (2017). Budaya Literasi Melalui Mading Berbantuan Webtoon. Prosiding Seminar Nasional Ii “Pemartabatan Bahasa Indonesia Melalui Budaya Literasi Dan Optimalisasi Ipteks,” 196–203.

Husamah. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran. Buku Ajar. Retrieved from https://www.academia.edu/6481956/Buku_Ajar_Media_Pembelajaran

Nindya Faradina. (2017). Pengaruh program GLSterhadap minat baca siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60–69.

Nugrahani, F. (2014). Penelitian Metode Kualitatif dalam Bidang Pendidikan Bahasa. Penelitian Metode Kuantitatif (2014th ed.). Solo: Cakra Books Solo.

Farida Nugrahani, Mukti Widayati, Ali Imron A.M. (2019) Pengembangan Model Pendidikan Karakter melalui Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Film MPBI Program Pascasarjana Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo PBSI FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta

farida.nugrahani01@gmail.com

Pardede, P. (2014). Peran Media Majalah Dinding Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Kartika XIX-2 Bandung. Bahtera Bahasa: Antologi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Tantri, A. A. S., & I Putu Mas Dewantara. (2017). Keefektivan Budaya Literasi Di SD N 3 Banjar Jawa Untuk Meningkatkan Minat Baca. Journal of Education Research and Evaluation.

Wiedarti, P. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2020-03-30

How to Cite

Sadino, S., Nugrahani, F., & Suwarto, S. (2020). Pengembangan Gerakan Literasi Sekolah Menggunakan Majalah Dinding dan Binder Antologi Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 29(1), 11–20. https://doi.org/10.32585/jp.v29i1.597

Issue

Section

Artikel