Model Pembelajaran untuk Mengembangkan Keterampilan Membaca Peserta Didik di Kelas Rendah

Authors

  • Naim Hidayaturrohmah Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Nuryani Pancawati Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Farida Nugrahani Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Unun Pratiwi Veronika Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4943

Keywords:

Kelas Rendah, Paired Storytelling, Quantum Learning, SQ3R

Abstract

Artikel  ini  bertujuan  mendeskripsikan model  pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan  membaca  peserta didik  di  kelas  rendah.  Metode  yang  digunakan  dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode studi literatur. Terdapat tiga model pembelajaran yang dibahas, yaitu: paired   storytelling, quantum   learning,   dan   SQ3R.   Model paired story telling mempunyai  kelebihan  yaitu  membuat  peserta didik  dapat  bekerja  sama  dalam  kelompok, menghargai pendapat orang lain, dan meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis. Model pembelajaran quantum  learning diarahkan  untuk  meningkatkan  kemampuan  membaca  dan pemahaman   peserta didik   terhadap   bahan   bacaan.   Model   Pembelajaran   SQ3R   adalah   model pembelajaran  yang  dapat  membuat  peserta didik  mampu  memahami  bacaan,  aktif  membaca,  dan mampu  membuat  peserta didik  mudah  belajar  dengan  tahapan survey, question, read, recite,  dan review.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinda Elsinta Nur, A.E., dkk. 2020. Efektivitas Penerapan Model Paired Story TellingUntuk Meningktatkan Keterampilan Membaca Kelas V SDN 68 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Siswa Pendidikan,1(1)

Afriyeni, S., Haji, S., & Connie. (2017). No Title. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1).

Arini, Kristiantari, Rini, M. G., & Ganing, N. N. (2017). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Undiksha

Artu, N. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IVSDN Pembina Liang Melalui Penerapan Strategi Survey Questions Reading Recite Review (SQ3R). Jurnal Kreatif Online, 2(2).

Aryani, S., Samadhy, U., & Sismulyasih, N. (2012). Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Know-Want-Learned (KWL) pada Siswa Kelas IVA SDN Sekaran 01 Semarang. Joyful Learning Journal, 1(1)

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. PT Raja Grafindo Persada.

DePorter, Bobbi dkk. 2014. Quantum learning: Mempraktikkan Quantum learning di Ruang-ruang Kelas: Penerjemah: Ary Nilandari. Cetakan ke-II. Bandung: Kaifa.

Devega,Evita.2017. Teknologi Masyarakat Indonesia. Tersedia pada https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media. Diakses tanggal 1 Juli 2023.

Efendi, I. (2015). Peningkatan keterampilan membaca intensif siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Panarukan Kabupaten Situbondo dengan teknik SQ3R tahun pelajaran 2013/2014. NOSI 2(9), 164-171.

Eva Rosdiana, Ni Nym Kusmariyatni dan I Wyn Widiana, 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Story Telling Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD”, Singaraja: Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 1(2).

Fahthurrohman.2006. Model-model Pembelajaran. Disampaikan Dalam Acara Guru Post Traumatik. FIP Yogjakarta.

Farroh, Karimatul, dkk. 2022. Penggunaan Media Wayang Kartun Melalui Model Paired story Telling Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Keilmuan dan pendidikan Dasar. 14(1).

Hasanudin, Cahyo. 2016. Pembelajaran Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Aplikasi Bamboomedia BmgamesAppsPintar Membaca sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa SD Menghadapi MEA. Jurnal Pedagogia. 5 (1):1-12

Hasanudin, Cahyo dan Asror, Abdul Ghoni. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Quantum learningdengan Media Aplikasi Bamboomedia Bmgames Apps Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I/MISe-Kecamatan Kedungadem. Pedagogia: Jurnal Pendidikan. Vol 6. No.2.

Hidayah, N. (2014). Pendekatan Pembelajaran Bahasa Whole Language. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(2).

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Pelajar.

Humaira, D., Fatmawati, F., & Zulmiyetri, Z. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas III di Slb Sabiluna Pariaman. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 1(3)

Lie, Anita. (2008). Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia.

Nanda Safarati, Fatma Zuhra. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA.” Jurnal Edukasi Matematika Dan SAINS 1(1):33–37

Nurhayati, S. (2018). Pengaruh Tehnik SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 15(1).

Pramesti, U. D. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Membaca Melalui Teka-Teki Silang (Penelitian tindakan di kelas VI SDN Surakarta 2, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat). Jurnal Puitika, 11(1)

Pratiwi, Intan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum learning Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V, E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesa, Vol.5, Nomor 2,hal.3.

Putra, R. Masri Sareb. 2008. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta: PT. Indeks.Putri, Y. E. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(3).

Rahmawati, A. (2016). Penerapan SQ3R Berbantuan Reka Cerita Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 3(2).Slamet, S. dan. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi. Graha Ilmu

Sayful Segala. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengaja. Bandung: Alfabeta.

Soedarso. (2010). Speed reading: sistem membaca cepat dan efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Sugianto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenanda Media Grup.

Suyatno. (2009). Menjelajah pembelajaran inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). PEDAGOGIK ILMU PENGETAHUAN ALAM. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wijayanti. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum (Quantum learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus Peliatan. Jurnal pendidikan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,FIP Universitas Pendidikan Ganesha.

Zainal Arifin Dkk. 2016. Pengaruh Model Quantum learning Disertai Metode EksperimenTerhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMA Negeri Kalisati, Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), hal.370.

Downloads

Published

2024-03-12

How to Cite

Hidayaturrohmah, N., Pancawati, N., Nugrahani, F., & Veronika, U. P. (2024). Model Pembelajaran untuk Mengembangkan Keterampilan Membaca Peserta Didik di Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan, 33(1), 485–496. https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4943

Issue

Section

Artikel