Model Pembelajaran untuk Mengembangkan Keterampilan Membaca Peserta Didik di Kelas Rendah
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4943Keywords:
Kelas Rendah, Paired Storytelling, Quantum Learning, SQ3RAbstract
Artikel ini bertujuan mendeskripsikan model pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan membaca peserta didik di kelas rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode studi literatur. Terdapat tiga model pembelajaran yang dibahas, yaitu: paired storytelling, quantum learning, dan SQ3R. Model paired story telling mempunyai kelebihan yaitu membuat peserta didik dapat bekerja sama dalam kelompok, menghargai pendapat orang lain, dan meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis. Model pembelajaran quantum learning diarahkan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman peserta didik terhadap bahan bacaan. Model Pembelajaran SQ3R adalah model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik mampu memahami bacaan, aktif membaca, dan mampu membuat peserta didik mudah belajar dengan tahapan survey, question, read, recite, dan review.
Downloads
References
Adinda Elsinta Nur, A.E., dkk. 2020. Efektivitas Penerapan Model Paired Story TellingUntuk Meningktatkan Keterampilan Membaca Kelas V SDN 68 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Siswa Pendidikan,1(1)
Afriyeni, S., Haji, S., & Connie. (2017). No Title. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1).
Arini, Kristiantari, Rini, M. G., & Ganing, N. N. (2017). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Undiksha
Artu, N. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IVSDN Pembina Liang Melalui Penerapan Strategi Survey Questions Reading Recite Review (SQ3R). Jurnal Kreatif Online, 2(2).
Aryani, S., Samadhy, U., & Sismulyasih, N. (2012). Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Know-Want-Learned (KWL) pada Siswa Kelas IVA SDN Sekaran 01 Semarang. Joyful Learning Journal, 1(1)
Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. PT Raja Grafindo Persada.
DePorter, Bobbi dkk. 2014. Quantum learning: Mempraktikkan Quantum learning di Ruang-ruang Kelas: Penerjemah: Ary Nilandari. Cetakan ke-II. Bandung: Kaifa.
Devega,Evita.2017. Teknologi Masyarakat Indonesia. Tersedia pada https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media. Diakses tanggal 1 Juli 2023.
Efendi, I. (2015). Peningkatan keterampilan membaca intensif siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Panarukan Kabupaten Situbondo dengan teknik SQ3R tahun pelajaran 2013/2014. NOSI 2(9), 164-171.
Eva Rosdiana, Ni Nym Kusmariyatni dan I Wyn Widiana, 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Story Telling Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD”, Singaraja: Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 1(2).
Fahthurrohman.2006. Model-model Pembelajaran. Disampaikan Dalam Acara Guru Post Traumatik. FIP Yogjakarta.
Farroh, Karimatul, dkk. 2022. Penggunaan Media Wayang Kartun Melalui Model Paired story Telling Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Keilmuan dan pendidikan Dasar. 14(1).
Hasanudin, Cahyo. 2016. Pembelajaran Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Aplikasi Bamboomedia BmgamesAppsPintar Membaca sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa SD Menghadapi MEA. Jurnal Pedagogia. 5 (1):1-12
Hasanudin, Cahyo dan Asror, Abdul Ghoni. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Quantum learningdengan Media Aplikasi Bamboomedia Bmgames Apps Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I/MISe-Kecamatan Kedungadem. Pedagogia: Jurnal Pendidikan. Vol 6. No.2.
Hidayah, N. (2014). Pendekatan Pembelajaran Bahasa Whole Language. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(2).
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Pelajar.
Humaira, D., Fatmawati, F., & Zulmiyetri, Z. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas III di Slb Sabiluna Pariaman. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 1(3)
Lie, Anita. (2008). Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia.
Nanda Safarati, Fatma Zuhra. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA.” Jurnal Edukasi Matematika Dan SAINS 1(1):33–37
Nurhayati, S. (2018). Pengaruh Tehnik SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 15(1).
Pramesti, U. D. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dalam Keterampilan Membaca Melalui Teka-Teki Silang (Penelitian tindakan di kelas VI SDN Surakarta 2, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat). Jurnal Puitika, 11(1)
Pratiwi, Intan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum learning Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V, E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesa, Vol.5, Nomor 2,hal.3.
Putra, R. Masri Sareb. 2008. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta: PT. Indeks.Putri, Y. E. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(3).
Rahmawati, A. (2016). Penerapan SQ3R Berbantuan Reka Cerita Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 3(2).Slamet, S. dan. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi. Graha Ilmu
Sayful Segala. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengaja. Bandung: Alfabeta.
Soedarso. (2010). Speed reading: sistem membaca cepat dan efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Sugianto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenanda Media Grup.
Suyatno. (2009). Menjelajah pembelajaran inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).
Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).
Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.
Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.
Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).
Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.
Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.
Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).
Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).
Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.
Suwarto, M. P. (2022). PEDAGOGIK ILMU PENGETAHUAN ALAM. Penerbit Lakeisha.
Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.
Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.
Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wijayanti. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum (Quantum learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus Peliatan. Jurnal pendidikan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,FIP Universitas Pendidikan Ganesha.
Zainal Arifin Dkk. 2016. Pengaruh Model Quantum learning Disertai Metode EksperimenTerhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMA Negeri Kalisati, Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), hal.370.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.