Peningkatan Hasil Belajar Matematika Sifat Sifat Bangun Datar Melalui Metode Ekspositori Siswa Kelas VB SDN Gedangan 01 Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1540Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil ulangan harian matematika siswa kelas VB sejumlah 24 siswa mencapai ketuntansan sebanyak 15 siswa, dengan prosentase ketuntasan hanya sebesar 63%. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar khusunya pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar melalui metode ekspositori siswa kelas VB SDN Gedangan 01, Grogol Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan melalui empat alur penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan yang terakhir adalah refleksi. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa perangkat soal tes tertulis,dan lembar hasil pengamatan, yang digunakan untuk mengamati aktivitas belajar dan hasil belajar selama kegiatan berlangsung. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini menyatakan bahwa metode ekspositori meningkatkan hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun datar siswa kelas VB SDN Gedangan 01, Grogol Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019”.Terjadi peningkatan dari rata-rata nilai ulangan, yang semula hanya 65 meningkat menjadi 75 pada akhir kegiatan siklus I dan di Siklus II meningkat lagi menjadi 82, ini membuktikan bahwa adanya peningkatan sebesar 17 dari kondisi sebelum memakai metode ekspositori sampai akhir tindakan siklus II setelah menngunakan metode ekspositori. Peningkatan ketuntasan siswa juga terlihat secara klasikal, bahwa di kondisi awal hanya 15 dari 24 siswa yang mampu tuntas lebih dari KKM atau 63% menjadi 100% siswa bernilai tuntas atau lebih dari KKM, terjadi peningkatan sebesar 37%, sehingga indikator untuk ketuntasan ?80% dari jumlah siswa tercapai dan tidak perlu diadakan siklus selanjutnya
Kata-Kata Kunci: ekspositori, hasil belajar, bangun datar
Downloads
References
Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Depdiknas. (2006). Permen No. 22 Tahun 2006 tentang Standart Isi. Jakarta.
Dimyati dan Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2010).Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Ika Septi Hidayati, Esti Harini. (2016).Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Tentang FPB Dan KPK Melalui Strategi Pembelajaran Ekspositori. Union: Jurnal Pendidikan Matematika, volume 4(1), hal: 60-70.
Isjoni. (2009). Cooperativ Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.
Iskandar. (2009). PTK, Jakarta: Gaung Persada Press.
Made Widiari. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Dan Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SD Gugus IX Kecamatan Buleleng. Jurnal Edutech, volume 2(1), hal: 15-25.
Nur Wahyudi.(2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahasinah. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori Di Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, volume 3(3), hal: 25-35.
Sugiyanto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sulastri. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, volume 3(1), hal: 23-32.
Supraptiwi Hariyani. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekresi Manusia melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Metode Eksperimen Siswa Kelas VIIIG SMP Ngeri 1 Boyolali pada semester Genap tahun Pelajaram 2018/2019. Jurnal Pendidikan, volume 28(3), hal: 339-352.
Suprijono. (2010). Cooperativ Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Sutikno, Sobry . (2007). Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna. Bandung: NTP Press.
Tika Karlina Rachmawati. (2018). Pengaruh Metode Ekspositori Pada Pembelajaran
Matematika Dasar Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Edutama, volume 5(1), hal: 18-28.
Wenno I.H. (2008). Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstual. Yogyakarta: Inti Media.
Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Yatim Rianto. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.