Pembelajaran Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas I SD Negeri 03 Kwangsan

Authors

  • wiwik sularmi

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i3.956

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) perencanaan metode CTL dalam pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 03 Kwangsan; 2) pelaksanaan metode CTL dalam pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 03 Kwangsan; 3) hambatan yang ditemui guru dalam pelaksanaan metode CTL dalam pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 03 Kwangsan; 4) solusi yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan melalui metode CTL pada siswa kelas 1 SDN 03 Kwangsan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penyajian data diuraikan secara logis, akurat, mendalam. Metode penelitian kualitatif menurut Bogdan dan Taylor (dalam Nugrahani, 2010:9) digunakan sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripsi berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Data penelitian ini berupa kata-kata, kalimat dari hasil wawancara dan observasi. Sumber data yang digunakan adalah narasumber, tempat peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakana dalah wawancara, observasi dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran guru membuat perangkat pembelajaran yang meliputi program tahunan, program semester, perhitungan minggu efektif, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP); 2) Pelaksanaan pembelajaran guru telah melaksanakan perannya sebagai pelatih dan sebagian besar siswa tampak aktif dan antusias; 3) Kendala yang dialami selama pembelajaran yaitu: a) kurangnya sarana prasarana, b) kurangnya waktu; c) kurangnya kreatif guru; d) kondisi siswa berbeda-beda; e) Orang tua siswa kurang memperhatikan prestasi anaknya; f) kemampuan siswa kurang; 4) Solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan yaitu: a) sekolah menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan guru; b) adanya jam tambahan les; c) guru banyak membaca referensi; d) guru memotivasi siswa; e) memberikan pengertian kepada orang tua siswa bahwa pendidikan anaknya sangat penting; f) guru memberikan pendampingan yang maksimal.

 

Kata kunci: Keterampilan membaca, membaca permulaan, CTL, siswa SD.

References

Abidin, Y. 2010. Strategi Membaca Teori dan Pembelajarannya. Bandung: Rizqi Press.

Bunguin, Burhan. 2009. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Brown, H. Douglas. 2001. Language Assessment Principles anda Classroom Practices. Second Edition. New York: Longman

Creswell, J.W. 2015. Reseacrh Design: Pendekatan Kualittaif, Kuantitatif, dan Mixed. Terjemahan: Achmad Fawaid. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan SMA.

Fadilah, Z., Effendi, Mawardi., dan Ridwan. 2017. Analysis of Contextual Teaching And Learning (CTL) in The Course Of Applied Physics At The Mining Engineering Department. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series. Vol. 1 No. 1. 25-32.

Gunduz, Nuket dan Hursen, Cigdem. 2015. Constructivism in Teaching and Learning; Content Analysis Evaluation. Procedia -Social and Behavioral Sciences191. pp. 526 – 533 .

Indihadi, D. 2009. Pembinaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Bandung: UPI PRESS.

Khusnin. 2008. Mengatasi Keterampilan Membaca pada Awal Tahun Pelajaran Siswa Kelas X. http//Khusninwordpress.com (diunduh tanggal 30 Januari 2009).

Lyytinen, Heikki dan Erskine, Jane. 2016. Early Identification and Prevention of Reading Problems. Learning Disabilities. Hal. 1 – 5.

Meitasari, Fida. 2012. Pengaruh Penggunaan Metode Kubaca Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok Usia 3-4 Tahun Di PPT Bunga Tanjung Surabaya. Tesis., Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

sularmi, wiwik. (2020). Pembelajaran Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas I SD Negeri 03 Kwangsan. Jurnal Pendidikan, 29(3), 203–210. https://doi.org/10.32585/jp.v29i3.956

Issue

Section

Artikel