Pembelajaran Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas I SD Negeri 03 Kwangsan
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v29i3.956Abstract
Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) perencanaan metode CTL dalam pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 03 Kwangsan; 2) pelaksanaan metode CTL dalam pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 03 Kwangsan; 3) hambatan yang ditemui guru dalam pelaksanaan metode CTL dalam pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 03 Kwangsan; 4) solusi yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan melalui metode CTL pada siswa kelas 1 SDN 03 Kwangsan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penyajian data diuraikan secara logis, akurat, mendalam. Metode penelitian kualitatif menurut Bogdan dan Taylor (dalam Nugrahani, 2010:9) digunakan sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripsi berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Data penelitian ini berupa kata-kata, kalimat dari hasil wawancara dan observasi. Sumber data yang digunakan adalah narasumber, tempat peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakana dalah wawancara, observasi dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran guru membuat perangkat pembelajaran yang meliputi program tahunan, program semester, perhitungan minggu efektif, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP); 2) Pelaksanaan pembelajaran guru telah melaksanakan perannya sebagai pelatih dan sebagian besar siswa tampak aktif dan antusias; 3) Kendala yang dialami selama pembelajaran yaitu: a) kurangnya sarana prasarana, b) kurangnya waktu; c) kurangnya kreatif guru; d) kondisi siswa berbeda-beda; e) Orang tua siswa kurang memperhatikan prestasi anaknya; f) kemampuan siswa kurang; 4) Solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan yaitu: a) sekolah menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan guru; b) adanya jam tambahan les; c) guru banyak membaca referensi; d) guru memotivasi siswa; e) memberikan pengertian kepada orang tua siswa bahwa pendidikan anaknya sangat penting; f) guru memberikan pendampingan yang maksimal.
Kata kunci: Keterampilan membaca, membaca permulaan, CTL, siswa SD.
Downloads
References
Abidin, Y. 2010. Strategi Membaca Teori dan Pembelajarannya. Bandung: Rizqi Press.
Bunguin, Burhan. 2009. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Brown, H. Douglas. 2001. Language Assessment Principles anda Classroom Practices. Second Edition. New York: Longman
Creswell, J.W. 2015. Reseacrh Design: Pendekatan Kualittaif, Kuantitatif, dan Mixed. Terjemahan: Achmad Fawaid. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan SMA.
Fadilah, Z., Effendi, Mawardi., dan Ridwan. 2017. Analysis of Contextual Teaching And Learning (CTL) in The Course Of Applied Physics At The Mining Engineering Department. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series. Vol. 1 No. 1. 25-32.
Gunduz, Nuket dan Hursen, Cigdem. 2015. Constructivism in Teaching and Learning; Content Analysis Evaluation. Procedia -Social and Behavioral Sciences191. pp. 526 – 533 .
Indihadi, D. 2009. Pembinaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Bandung: UPI PRESS.
Khusnin. 2008. Mengatasi Keterampilan Membaca pada Awal Tahun Pelajaran Siswa Kelas X. http//Khusninwordpress.com (diunduh tanggal 30 Januari 2009).
Lyytinen, Heikki dan Erskine, Jane. 2016. Early Identification and Prevention of Reading Problems. Learning Disabilities. Hal. 1 – 5.
Meitasari, Fida. 2012. Pengaruh Penggunaan Metode Kubaca Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok Usia 3-4 Tahun Di PPT Bunga Tanjung Surabaya. Tesis., Universitas Negeri Surabaya.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.