Penerapan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Joko Prayitno SMA N 1 Gemolong

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2797

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan model pembelajaran double loop problem solving. 2) Menguji peningkatan keaktifan dan hasil belajar Matematika dengan model pembelajaran double loop problem solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada Semester Gasal tahun pelajaran 2022/2023 di kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 1 Gemolong Sragen. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan model pembelajaran double loop problem solving dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi “turunan fungsi trigonometri” peserta didik kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 1 Gemolong Sragen tahun pelajaran 2022/2023. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil belajar peserta didik pada tahap siklus I, dan siklus II yang mengalami kenaikan hasil belajar. Hasil belajar peserta didik meningkat sebesar 4,61 yaitu 79,86 pada siklus I dan 84,47 pada siklus II, sedangkan ketuntasan belajar peserta didik meningkat 22,22% yaitu 77,78% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Rata-rata keaktifan belajar peserta didik meningkat sebesar 12,50% yaitu 72,92% pada siklus I dan 85,42% pada siklus II.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astini, N. W., & Purwati, N. K. R. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karalteristik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9 (1), 1-8.

Aprilliani, D., Wasitohadi., & Rahayu, T. S. (2019). Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika menggunakan Model Pembelajaran TSTS Berbantuan Media Tangram. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2 (1), 92-100.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dito, S. B., & Khaerunnisa, E. (2021). Model Double Loop Problem Solving sebagai Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Wilangan, 2 (3), 141-148.

Pratama, O.I., & Suherman. (2018). Pembelajaran Double Loop Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 1 (3), 285-291.

Ramadhana, L. R., Karim, & Amalia, R. (2018). Pengaruh Model Double Loop Problem Solving (DLPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematia, 6 (2), 210-217.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning

Pembelajaran Matematika MTS Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2 (2), 175-185.

Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.

Downloads

Published

2022-10-23

How to Cite

Prayitno, J. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan, 31(3), 307–316. https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2797

Issue

Section

Artikel