Pentingnya Pengembangan Media Berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4944Keywords:
Bahasa Indonesia, media digital, model penelitian dan pengembanganAbstract
Artikel ini mengkaji pentingnya memperoleh keterampilan media digital untuk mencapai kefasihan berbahasa Indonesia. Artikel ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metodologi yang mengandalkan kajian komprehensif terhadap materi yang ada. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media dalam pembelajaran bahasa Indonesia membawa beberapa manfaat yang signifikan. Diantaranya adalah pengembangan keterampilan digital di kalangan peserta didik, dampak media berbasis digital yang terbukti terhadap pemerolehan bahasa Indonesia, pengurangan keterbatasan seperti ruang, waktu, dan jarak melalui media berbasis digital, peningkatan kosa kata peserta didik melalui media digital. berbasis media, dan pemberian stimulus dan motivasi kepada peserta didik melalui penggunaan media berbasis digital. Arti penting penggabungan media berbasis digital dalam pembelajaran bahasa Indonesia terletak pada perlunya guru melakukan inovasi dengan menciptakan dan memanfaatkan media berbasis digital yang dirancang khusus untuk pembelajaran bahasa Indonesia. Pentingnya media berbasis digital ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa Indonesia sendiri. Perlu diketahui bahwa media berbasis digital dapat memberikan dampak positif dan negatif. Selain itu, terdapat empat model penelitian yang cocok untuk pengembangan media berbasis digital dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu model Hannafin & Peck, model Thiagarajan atau 4D, model Dick & Carey, dan model ADDIE. Artikel ini mengusulkan integrasi media digital ke dalam pedagogi pengajaran bahasa Indonesia oleh para pendidik. Selain itu, disarankan untuk menggunakan salah satu dari empat kerangka studi yang disarankan untuk tujuan kemajuan.
Downloads
References
Ayu, D. P., & Rahma Amelia. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis elearning di Era Digital. Prosiding Samasta: Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, 56–61
Azwar, S. (2010). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chan, F., Budiono, H., & Setiono, P. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif dan Instrumen Penilaian Berbasis Keterampilan Proses Dasar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, 5(1). https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2330
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
König, J., Jäger-Biela, D. J., & Glutsch, N. (2020). Adapting to online teaching during COVID-19 school closure: teacher education and teacher competence effects among early career teachers in Germany. European Journal of Teacher Education, 43(4), 608–622. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1809650
Lee, S.-Y., Lo, Y.-H. G., & Chin, T.-C. (2021). Practicing multiliteracies to enhance EFL learners’ meaning making process and language development: a multimodal Problem-based approach. Computer Assisted Language Learning, 34(2), 66–91. https://doi.org/10.1080/09588221.2019.1614959
Maisarah, Lubis, A. A., Vadinda, F. Z., & Dayana, R. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Pada Materi Puisi untuk Peserta didik Kelas VIII SMP. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 67–78. https://doi.org/10.30829/eunoia.v1i1.1151
Meyers, E. M., Erickson, I., & Small, R. V. (2013). Digital literacy and informal learning environments: an introduction. Learning, Media and Technology, 38(4), 355–367. https://doi.org/10.1080/17439884.2013.783597
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Beverly Hill: Sage Publications Inc.
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. IJPE: Indonesian Journal of Primary Education, 3(1).
Nurdyansyah., & Widodo, A. (2018). Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Pratomo, A., & Irawan, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Metode Hannafin dan Peck. Jurnal Positif, 1(1), 14–28.
Prawiradilaga, D. S. (2019). Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Prawiradilaga, D. S. (2014). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Purnamasari, N. L. (2020). Metode ADDIE Pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash Pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal PENA SD, 5(1), 23– 31.
Ramlan, Haeruddin, & Kamaluddin. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran E-Materi dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 1(2).
Sa’ud, U. S. (2018). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Santyasa, I. W. (2009). Metode Penelitian Pengembangan & Teori Pengembangan Modul. Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK Tanggal 12-14 Januari.
Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi Keempat. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitattif dan RnD. Bandung: Alfabeta.
Sukaryanti, D., Nasution, F. N., Indria, S., & Hadi, W. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Digital dalam Mensukseskan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional PBS-IV Tahun 2021: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar, 1–6.
Supriano. (2017). Materi Bimbingan Teknis Fasilitator dan Instruktur Kurikulum 2013 Tahun 2017 Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Surbakti, H., Zakaria, Muslikhah, R. I., Sayekti, S. P., Ismail, J. K., Badi’ah, A., Maisarah, & Sumarsih. (2022). Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bandung: Media Sains Indonesia. Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra’, 5(2), 1–11.
Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).
Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).
Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.
Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.
Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).
Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.
Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.
Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).
Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).
Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.
Suwarto, M. P. (2022). PEDAGOGIK ILMU PENGETAHUAN ALAM. Penerbit Lakeisha.
Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.
Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.
Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.
Wandi, S., Nurharsono, T., & Raharjo, A. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 2(8), 524–535.
Widiastini, N. K. (2021). Pengaruh Literasi Digital Melalui Pemanfaatan Melajah.ID terhadap Hasil Belajar Membaca. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 219–228. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v10i2.723
Yaumi, M. (2017). Ragam Media Pembelajaran: Dari Pemanfaatan Media Sederhana ke Penggunaan Multi Media. Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Pengembangan Evaluasi Sistem Pembelajaran Berorientasi Multiple Intelligences, 21–44.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.