Pentingnya Pengembangan Media Berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Enny Suryanti Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Retno Tri Widayati Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Farida Nugrahani Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Unun Pratiwi Veronika Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4944

Keywords:

Bahasa Indonesia, media digital, model penelitian dan pengembangan

Abstract

Artikel ini mengkaji pentingnya memperoleh keterampilan media digital untuk mencapai kefasihan berbahasa Indonesia. Artikel ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metodologi yang mengandalkan kajian komprehensif terhadap materi yang ada. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media dalam pembelajaran bahasa Indonesia membawa beberapa manfaat yang signifikan. Diantaranya adalah pengembangan keterampilan digital di kalangan peserta didik, dampak media berbasis digital yang terbukti terhadap pemerolehan bahasa Indonesia, pengurangan keterbatasan seperti ruang, waktu, dan jarak melalui media berbasis digital, peningkatan kosa kata peserta didik melalui media digital. berbasis media, dan pemberian stimulus dan motivasi kepada peserta didik melalui penggunaan media berbasis digital. Arti penting penggabungan media berbasis digital dalam pembelajaran bahasa Indonesia terletak pada perlunya guru melakukan inovasi dengan menciptakan dan memanfaatkan media berbasis digital yang dirancang khusus untuk pembelajaran bahasa Indonesia. Pentingnya media berbasis digital ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa Indonesia sendiri. Perlu diketahui bahwa media berbasis digital dapat memberikan dampak positif dan negatif. Selain itu, terdapat empat model penelitian yang cocok untuk pengembangan media berbasis digital dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu model Hannafin & Peck, model Thiagarajan atau 4D, model Dick & Carey, dan model ADDIE. Artikel ini mengusulkan integrasi media digital ke dalam pedagogi pengajaran bahasa Indonesia oleh para pendidik. Selain itu, disarankan untuk menggunakan salah satu dari empat kerangka studi yang disarankan untuk tujuan kemajuan.

References

Ayu, D. P., & Rahma Amelia. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis elearning di Era Digital. Prosiding Samasta: Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, 56–61

Azwar, S. (2010). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chan, F., Budiono, H., & Setiono, P. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif dan Instrumen Penilaian Berbasis Keterampilan Proses Dasar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, 5(1). https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2330

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

König, J., Jäger-Biela, D. J., & Glutsch, N. (2020). Adapting to online teaching during COVID-19 school closure: teacher education and teacher competence effects among early career teachers in Germany. European Journal of Teacher Education, 43(4), 608–622. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1809650

Lee, S.-Y., Lo, Y.-H. G., & Chin, T.-C. (2021). Practicing multiliteracies to enhance EFL learners’ meaning making process and language development: a multimodal Problem-based approach. Computer Assisted Language Learning, 34(2), 66–91. https://doi.org/10.1080/09588221.2019.1614959

Maisarah, Lubis, A. A., Vadinda, F. Z., & Dayana, R. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Pada Materi Puisi untuk Peserta didik Kelas VIII SMP. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 67–78. https://doi.org/10.30829/eunoia.v1i1.1151

Meyers, E. M., Erickson, I., & Small, R. V. (2013). Digital literacy and informal learning environments: an introduction. Learning, Media and Technology, 38(4), 355–367. https://doi.org/10.1080/17439884.2013.783597

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Beverly Hill: Sage Publications Inc.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. IJPE: Indonesian Journal of Primary Education, 3(1).

Nurdyansyah., & Widodo, A. (2018). Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Pratomo, A., & Irawan, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Metode Hannafin dan Peck. Jurnal Positif, 1(1), 14–28.

Prawiradilaga, D. S. (2019). Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Prawiradilaga, D. S. (2014). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Purnamasari, N. L. (2020). Metode ADDIE Pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash Pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal PENA SD, 5(1), 23– 31.

Ramlan, Haeruddin, & Kamaluddin. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran E-Materi dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 1(2).

Sa’ud, U. S. (2018). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Santyasa, I. W. (2009). Metode Penelitian Pengembangan & Teori Pengembangan Modul. Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK Tanggal 12-14 Januari.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi Keempat. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitattif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Sukaryanti, D., Nasution, F. N., Indria, S., & Hadi, W. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Digital dalam Mensukseskan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional PBS-IV Tahun 2021: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar, 1–6.

Supriano. (2017). Materi Bimbingan Teknis Fasilitator dan Instruktur Kurikulum 2013 Tahun 2017 Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Surbakti, H., Zakaria, Muslikhah, R. I., Sayekti, S. P., Ismail, J. K., Badi’ah, A., Maisarah, & Sumarsih. (2022). Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bandung: Media Sains Indonesia. Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra’, 5(2), 1–11.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). PEDAGOGIK ILMU PENGETAHUAN ALAM. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Wandi, S., Nurharsono, T., & Raharjo, A. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 2(8), 524–535.

Widiastini, N. K. (2021). Pengaruh Literasi Digital Melalui Pemanfaatan Melajah.ID terhadap Hasil Belajar Membaca. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 219–228. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v10i2.723

Yaumi, M. (2017). Ragam Media Pembelajaran: Dari Pemanfaatan Media Sederhana ke Penggunaan Multi Media. Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Pengembangan Evaluasi Sistem Pembelajaran Berorientasi Multiple Intelligences, 21–44.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90.

Downloads

Published

2024-03-12

How to Cite

Suryanti, E., Tri Widayati, R., Nugrahani, F., & Veronika, U. P. (2024). Pentingnya Pengembangan Media Berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 33(1), 505–514. https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4944

Issue

Section

Artikel