Penerapan Model STAD (Student Team, Achcievement Division) Untuk Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Editorial
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3462Abstract
Tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model STAD terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia. Penelitan dilakukan pada siswa kelas XII-IBBU. Metode pengumpulan data melalui teknik observasi aktivitas belajar dan tes pengetahuan, analisis data menggunakan cara deskriptif komparatif membandingkan hasil tes pada kondisi awal, siklus 1 dan siklus 2. Indikator keberhasilan nilai rata-rata hasil belajar lebih besar dari 75 (KKM) Hasil penelitian terjadi peningkatan baik aspek aktivitas maupun hasil belajar siswa, pra siklus sebesar 35,29% (12 siswa), pada siklus 1 meningkat menjadi 58,83% (20 siswa) dan siklus 3 lebih meningkat menjadi 79,41% (27. Peningkatan aspek hasil belajar kriteria skor interval 75 – 87 dan 88 – 100 ketuntasan KKM 75 yaitu; pra siklus sebesar 23,53% atau 8 siswa, pada siklus 1 sedikit meningkat menjadi 29,41% (10 siswa) dan pada siklus 3 meningkat menjadi 88,22% (30 siswa), . Kesimpulan berdasarkan hasil analisis baik aspek aktivitas maupun hasil belajar bahasa Indonesia bahwa melalui penerapan model STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi menganalisis struktur kebahasaan teks editorial menunjukkan secara meyakinkan dapat meningkatkan aktivitas maupun hasil belajar siswa.
Downloads
References
Ali, Munjiatun S, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa, Tesis Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2009
Anggraini, A. I., Suwarto, S., & Iskandar, D. (2020). Analisis aktivitas pembelajaran biologi pada google classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 6(2), 168-174.
Depdiknas. 2004. Model-model Pengajaran Dalam Pelajaran Sains. Bandung: Dikmenum Pusat Pengembangan Penataran Guru IPA.
Joko Prayitno 2022, Penerapan Model Double Loop Problem Solving untuk MeningkatkanKeaktifan dan Hasil Belajar Matematika pada Peserta Didik XII MIPA5SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2022/2023, JURNAL PENDIDIKAN, p-ISSN 2715-095X, e-ISSN 2686-5041
Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Poerwadarminto. 1995. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. No: 24. 2016. ”Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah”.
Sardiman, AM. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: PT Rajagrafindo: Jakarta
Slavin,R.E. 2008. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. (Terjemahan oleh Narulita Yusron). Bandung: Penerbit Nusa Media.
Sugiyanto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13
Sumardi, Penggunaan Media AudioVisual dan Metode STAD (Students Teams Achievement Division) dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Inggris (Knowledge and Writing Sklil) Teks Recount Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gemolong Kabupaten Sragen Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017? Jurnal Pendidikan JURNAL PENDIDIKAN, p-ISSN 2715-095X, e-ISSN 2686-5041.
Suyatno, Heny Subandiyah. Metode Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1).
Suwarto, S. (2010). Pengembangan the two-tier diagnostic tes pada bidang biologi secara terkomputersisasi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(2).
Suwarto, S. (2012). Dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif dalam pendidikan. Widyatama, 19(1).
Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto, S. (2014). Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. WIDYATAMA, 20(1).
Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.
Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan media youtube sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media penelitian pendidikan: jurnal penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran, 15(1), 26-30.
Suwarto, S., Rohmatin, N., & Yamsih, S. (2021). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi pada siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 7(1), 38-46.
Suwarto, S., Wahyuni, S., & Yamsih, S. (2021). Persepsi Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Tawangsari terhadap Metode Pembelajaran Berbasis Online dimasa Pandemi. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 20-25.
Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.
Suwarto, M. P. (2022). PEDAGOGIK ILMU PENGETAHUAN ALAM. Penerbit Lakeisha.
Toeti Soekamto, Udin Saripudin Winataputra. 1997. Teori Belajar Dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Pusat Antar Universitas Untuk Peningkatan Dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Wiyono, Hadi (2008) Judul penelitian “Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pokok Bahasan Faktorisasi Suku Aljabar Ditinjau Dari Partisipasi Orangtua Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri se Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2007/2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.