The Perkembangan Pembelajaran Online Dengan Aplikasi Pembelajaran Virtual di Pendidikan Indonesia

Authors

  • Letizia Azarine Haris Universitas Negeri Yogyakarta
  • Dafid Slamet Setiana Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v33i2.5264

Keywords:

online learning, pembelajaran daring, aplikasi belajar online

Abstract

Pembelajaran online menjadi metode pembelajaran yang kini sudah sangat dikenal di Indonesia. Sebelum pandemi, pembelajaran online banyak ditemukan di institusi pembelajaran non formal dan belum banyak digunakan di pendidikan formal. Pandemi menguatkan kehadiran pembelajaran secara daring di segala institusi pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi pembelajaran online menggunakan aplikasi belajar virtual di waktu sebelum pandemi, saat pandemi dan sesudah pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan studi literatur dan analisis deskriptif. Analisis penelitian menggunakan artikel internasional dan nasional dan sumber-sumber terkait perkembangan pembelajaran online di Indonesia. Penggunaan aplikasi online merupakan sarana utama dalam pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan pembelajaran di Indonesia. Pembelajaran online dapat menjadi alternatif pembelajaran jarak jauh sehingga masyarakat di wilayah Indonesia bagian barat dan timur dapat mengikuti sesi belajar secara virtual. Platform pembelajaran dan pertemuan online menjadi penting pada saat sesi belajar daring. Aplikasi pertemuan online sudah banyak digunakan di berbagai institusi pendidikan sebagai alat utama pembelajaran online. Penggunaan aplikasi online untuk belajar daring mencapai puncaknya di saat pandemi Covid-19, namun ketika pandemi berakhir, metode pembelajaran ini masih belum dimaksimalkan kembali penggunaannya sebagai sarana pendidikan jarak jauh di Indonesia. Kendala sambungan internet dan terbatasnya kemampuan komputerisasi menjadi faktor kurangnya minat pembelajaran online. Setelah pandemi berakhir, masih perlu adanya pembinaan pembelajaran online untuk dapat memanfaatkan pembelajaran jarak jauh secara virtual. Dukungan dari masyarakat dan pemerintah sangat diperlukan untuk perkembangan aplikasi online yang dapat meningkatkan pembelajaran online. Bantuan dari pemerintah berupa penambahan fasilitas dan media pembelajaran virtual dapat menjadi salah satu solusi untuk pengembangan pembelajaran online menggunakan aplikasi virtual yang lebih baik.

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020).The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “ Merdeka Belajar .” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49.

Abrori. (2018). Improving Reading Literacy Strategy through Seven Programs of Reading Inter- est containing Da’wah Message. Attarbiyah J. Islam. Cult. Educ. 3(2), pp. 205– 225,

Ambarwati Rita., Yuda Dian Harja, Suyono Thamrin. (2020). The Role of Facilitating Conditions and User Habits: A Case of Indonesian Online Learning Platform. Journal of Asian Finance, Economics and Business. 7(10), 481–489.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Arwen, Desri. (2020). Student Learning Motivation Influences The Development Of The

Corona Virus Pandemic (COVID 19). International Journal of Advanced Science and Technology, 29(9s), 4911 - 4925. Retrieved from

http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/17339

Della, E. I., & Aljamaliah, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Minat Belajar pada Mahasiswa PGPAUD. Jurnal Pendidikan, 30(2), 177–186. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1524

Firman, & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659 Goldschmidt, K., & Msn, P. D. (2020). The COVID-19 pandemic : Technology use to support the wellbeing of children. Journal of Pediatric Nursing, 3–5.

Fitri, Siti Fadia Nurul. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1621.

Herliandy et al. (2020). Learning During the Covid-19 Pandemic. Journal of Educational Technology. Vol. 22, No. 1.

Listiana, Yhesa Rooselia. (2021). Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1544-1550.

Majid, Nuur Wachid Abdul., Syifaul Fuada. (2020). E-Learning for Society: A Great Potential to Implement Education for All (EFA) Movement in Indonesia. iJIM, 14(2). https://doi.org/10.3991/ijim.v14i02.11363

Maru, M., Tamowangkay, F., Pelenkahu, N., & Wuntu, C. (2021). Teachers’ perception toward the impact of platform used in online learning communication in the eastern Indonesia. International Journal of Communication and Society, 4(1), 59-71. doi:https://doi.org/10.31763/ijcs.v4i1.321

Ndasung, Donatus Juito. (2021). Pendidikan di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3014-3018.

P M Setiadi et al. (2021). J. Phys.: Conf. Ser. 1987 012016 https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1987/1/012016

Putri, Ratna Setyowati., Agus Purwanto, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Laksmi Mayesti

Wijayanti, Choi Chi Hyun. (2020). Impact of the COVID-19 Pandemic on Online Home Learning: An Explorative Study of Primary Schools in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(05), 4809 - 4818. Retrieved from

http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/13867

Prasetyanto D, Rizki M, Sunitiyoso Y. Online Learning Participation Intention after COVID-19 Pandemic in Indonesia: Do Students Still Make Trips for Online Class? Sustainability. 2022; 14(4):1982. https://doi.org/10.3390/su14041982

Setyabudhi, A. L., & Veza, O. (2022). Analysis of the Effectiveness of the Implementation of Online Learning at the Beginning of the Covid-19 Pandemic. Technical and Vocational Education International Journal (TAVEIJ), 2(2), 1-7.

Sfenrianto, S., Tantrisna, E., Akbar, H., & Wahyudi, M. (2018). E-Learning Effectiveness

Analysis in Developing Countries: East Nusa Tenggara, Indonesia Perspective. Bulletin of Electrical Engineering and Informatics, 7(3), 417-424. DOI: http://doi.org/10.11591/eei.v7i3.849

Stafford, V. (2020). EdTech review: Teaching through Zoom–what we’ve learned as new online educators. Journal of Applied Learning and Teaching, 3(2), 150-153.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). Pedagogik Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S. (2023). The Characteristics of the First Semester Final Test Indonesian Class 7. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 14(1).

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Sudarwati, N., Nurhayati, D., Andayani, E., & Suwarto, S. (2023). Effects Of Using a Web Blog in Online Laboratory as A Digital Marketing Platform Towards Students’ Achievement with Different Motivation Levels in Entrepreneurship Learning Practicum. Eurasian Journal of Educational Research, 103(103), 173-189.

Wieland, N., & Kollias, L. (2020). Online learning before, during and after COVID-19: Observations over 20 years. International Journal of Advanced Corporate Learning, 13(2), 84.

Wijaya,Tommy Tanu., Ying Zhou, Aditya Purnama, Neni Hermita. (2020). Indonesian Students’ Learning Attitude towards Online Learning during The Coronavirus Pandemic. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research. 3 (1), 2020, 17-25.

Wiranda, T., & Adri, M. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Modul Pembelajaran Teknologi WAN Berbasis Android. VoteTEKNIKA (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(4), 2302– 3295.

Yudiawan, Agus., Budi Sunarso, Suharmoko, Fatma Sari, Ahmadi. (2021). Successful online learning factors in COVID-19 era: Study of Islamic higher education in West Papua, Indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE). 10(1), 193-201. DOI: 10.11591/ijere.v10i1.21036

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Haris, L. A., & Setiana, D. S. (2024). The Perkembangan Pembelajaran Online Dengan Aplikasi Pembelajaran Virtual di Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan, 33(2), 567–574. https://doi.org/10.32585/jp.v33i2.5264

Issue

Section

Artikel