Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading Compasition untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas X-IPS 2 SMA Negeri 1 GemolongTahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Giyono Giyono

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.749

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menjelaskan pelaksanaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Compasition (CIRC) dan dengan penerapan model pembelajaran tersebut untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar bahasa Indonesia kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gemolong. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus atau dua pertemuan dan tiap pertemuan terdiri dari  perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gemolong pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020.Sumber data diperoleh dari guru, peserta didik, tempat, dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran dan dokumentasi.Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi.Validitas data menggunakan trianggulasi sumber data.Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan penelitian kelas, rata-rata kemampuan siswa dalam menciptakan kembali teks anekdot mendapat skor 68, setelah diadakan siklus I mendapat  skor rata-rata 72,89 dan setelah siklus II  rata-rata mendapat skor 81,73, Sementara keaktifan dalam pembelajaran  teks anekdot  juga meningkat setiap pertemuan pada siklusnya, siklus I rata-rata 68,83, siklus II rata-rata 85,28. Berdasarkan hasil observasi  kompetensi keterampilan  juga mengalami peningkatan sehingga hal tersebut mempengaruhi kemampuan menciptakan kembali teks anekdot padasiswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gemolong. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan Cooperative Integrated Reading Compasition (CIRC)  dapat meningkatkan motivasi siswadan meningkatkan belajar pada Siswa Kelas X IPS 2 Semester 1 SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2019/2020.

References

Asrori, Mohammad. (2007). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Giyono.(2019). Penerapan Metode Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Menganalisis Teks Negosiasi Peserta Didik Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan. Volume 28 Nomor 1, Maret 2019. 1-16.

Hamalik,Oemar. (1992). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bandung: Angkasa.

Lukman, Ali dkk. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sardiman, A.M. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning, Teory Research and Practise. Boston:Allyn and Bacon, Edisi Terjemahan.

Suhartini Arikunto, Suharjono, dan Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Syah, Muhibin. (2004). Psikologi Pendidikan suatu Pendekatan Baru.Bandung:Remaja Roda Karya.

Uno, Hamzah B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya(Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.

Waryana (2020).Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS Materi Perubahan Sosial Budaya melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada Siswa Kelas IX A SMP Veteran 1 Manyaran Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan. Volume 29 Nomor 1, Maret 2020. 67-76.

Downloads

Published

2020-08-02

How to Cite

Giyono, G. (2020). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading Compasition untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas X-IPS 2 SMA Negeri 1 GemolongTahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 29(2), 127–142. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.749

Issue

Section

Artikel